PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK FAN ELEKTRIK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada CV. Cahaya Elektronik dan Furnitur, Sukabumi, Bandar Lampung)

ARROHMAN, ARIEF (2018) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK FAN ELEKTRIK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada CV. Cahaya Elektronik dan Furnitur, Sukabumi, Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI ARIEF.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kasus persaingan produk dan jasa yang masih cukup tinggi. Pada era globalisasi, produk atau jasa yang bersaing dalam satu pasar semakin banyak dan beragam akibat keterbukaan pasar. Sehingga terjadilah persaingan pasar antar produsen untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen serta memberikan kepuasan kepada pelanggan agar produsen atau perusahaan mendapatkan apa yang disebut dengan Loyalitas Pelanggan. Memberikan harga yang relatif murah serta menjadikan produk yang baik kualitasnya merupakan salah satu cara untuk mendapatkan loyalitas pelanggan. CV. Cahaya Elektronik dan Furnitur adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang elektronik dan furnitur, yang salah satu produknya memiliki keunggulan kompetitif dan dapat bersaing di pasar dari segi harga dan kualitas produk, yaitu Fan Elektrik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh harga fan elektrik terhadap loyalitas pelanggan dalam perspektif ekonomi islam, bagaimana pengaruh kualitas produk fan elektrik terhadap loyalitas pelanggan dalam perspektif ekonomi islam, dan bagaimana pengaruh harga dan kualitas produk fan elektrik terhadap loyalitas pelanggan dalam perspektif ekonomi islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga dan kulitas produk fan elektrik secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan dalam perspektif ekonomi islam pada CV. Cahaya Elektronik dan Furnitur, Sukabumi, Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kuesioner yang disebar kepada 64 responden pada konsumen yang membeli produk fan elektrik pada CV. Cahaya Elektronik dan Furnitur. Untuk analisis dilakukan dengan pengolahan data menggunakan SPSS 16.0 for windows. Kemudian dilakukan analisis dengan data yang ada menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai t hitung masing-masing variabel yaitu harga 3,437 (X1), dan kualitas produk 0,939 (X2). Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan didapat bahwa, harga (X1) berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan sedangkan kualitas produk (X2) tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dan F hitung sebesar 6,426 > F tabel sebesar 3,15 yang berarti terdapat pengaruh simultan antara harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Besarnya koefisien determinasi R2 dari kedua variabel tersebut adalah 17,4%. Hal ini berarti kedua variabel independen tersebut hanya mampu menjelaskan sebesar 17,4% variasi dependen. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Dalam perspektif ekonomi islam, harga dan kualitas produk akan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan penetapan harga yang etis yang didasarkan pada kualitas produk yang baik sehingga menunjukkan kejujuran yang dapat menaikan kepercayaan pelanggan dan pelanggan tidak tertipu sehingga keyakinan pelanggan menjadi lebih mantap, sebab hak-haknya terlindungi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jul 2018 07:07
Last Modified: 20 Jul 2018 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4086

Actions (login required)

View Item View Item