EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLEPLAYING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTER PERSONAL PESERTA DIDIK KELAS VII IMTS AL-IKHLAS TANJUNG BINTANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SEPTIA, AGUNG RIZKI (2018) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLEPLAYING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTER PERSONAL PESERTA DIDIK KELAS VII IMTS AL-IKHLAS TANJUNG BINTANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Komunikasi menjadi salah satu aktivitas yang sangat penting dan kompleks bagi kehidupan manusia, dimana dapat kita lihat komunikasi dapat terjadi pada setiap gerak dan langkah manusia. Manusia sangat dipengaruhi oleh komunikasi yang dilakukannya dengan manusia lain, baik yang sudah dikenal maupun yang tidak dikenal sekalipun. Untuk itu komunikasi memiliki peran yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu Masalah dalam penelitian ini adalah komunikasi interpersonal siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan layanan konseling kelompok teknik role playing untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII Mts Al-Ikhlas Tanjung Bintang tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Pre-eksperimental designs dengan desain penelitian One-group pretest-posttest design. Sample penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Mts Al-Ikhlas Tanjung Bintang yang dikategorikan memiliki komuunikasi interpersonal yang rendah. Kemudian didapatkan 11 sampel dengan kategori Rendah melalui teknik Purposive Sampling untuk menangani Komunikasi Interpersonal peserta didik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukan komunikasi interpersonal siswa mengalami peningkatan setelah di berikannya layanan konseling kelompok teknik role playing . Hal ini ditunjukan dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh t adalah 8.568 mean 3.4444, kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel dengan ketentuan thitung > ttabel (8.568 > 2.219), dengan demikian Komunikasi Interpersonal peserta didik Kelas VIII Mts Al-Ikhlas Tanjung Bintang mengalami perubahan setelah diberikan konseling kelompok dengan teknik Role Playing. maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi interpersonal Peserta didik sebelum dan setelah diberikan layanan konseling kelmpok teknik role playing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 18 Jul 2018 07:31
Last Modified: 18 Jul 2018 07:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4067

Actions (login required)

View Item View Item