ANALISIS PERSEPSI, PENGETAHUAN DAN SIKAP NASABAH TERHADAP KEBERADAAN BANK SYARIAH (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Kabupaten Pringsewu,Lampung)

OKTAVIA, EKA (2018) ANALISIS PERSEPSI, PENGETAHUAN DAN SIKAP NASABAH TERHADAP KEBERADAAN BANK SYARIAH (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Kabupaten Pringsewu,Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bank Syariah merupakan lembaga keuangan yang bertugas menghimpun dana dan menyalurkan dana serta memberikan jasa-jasa lainnya yang berasaskan pada asas kemitraan, keadilan, transparansi dan universal serta melakukan kegiatan usaha perbankan berdasarkan pada prinsip-prinsip syariah. Perkembangan perbankan syariah saat ini cukup pesat akan tetapi masih ada nasabah yang memiliki tanggapan yang sulit untuk merumuskan persepsi dan memiliki pengetahuan yang minim serta sikap yang kurang baik tentang bank syariah yang disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak bank syariah. Kedua, nasabah masih terbiasa dengan kehadiran bank konvensional. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah Persepsi Nasabah Terhadap Keberadaan Bank Syariah?, Bagaimanakah Pengetahuan Nasabah Terhadap Keberadaan Bank Syariah?, Bagaimanakah Sikap Nasabah Terhadap Keberadaan Bank Syariah?. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach), dan bersifat deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Mandiri Kabupaten Pringsewu. Populasi penelitian sebanyak 1200 nasabah dengan sampel 92 orang nasabah. penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada nasabah Bank Syariah Mandiri Kabupaten Pringsewu dengan menggunakan teknik sampling insedental. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa persepsi nasabah terhadap keberadaan bank syariah masuk kedalam kategori sedang dengan skor 1821 atau 56,55% dari skor ideal yang diharapkan 2705.Kategori sedang maksudnya nasabah belum mengerti betul mengenai bank syariah meskipun nasabah sudah mengetahui adanya bank syariah hal ini disebabkan oleh kurangnya pendekatan yang dilakukan oleh pihak bank syariah, sementara untuk pengetahuan nasabah terhadap keberadaan bank syariah masuk kedalam kategori sedang dengan skor 745 atau 53,98% dari skor ideal yang diharapkan 1846 kategori sedang maksudnya pengetahuan nasabah mengenai bank syariah masih sangat minim, sebagian besar nasabah hanya tahu bank syariah tanpa memahaminya salah satu faktor penyebab minimnya pengetahuan nasabah adalah karena bank syariah merupakan bank yang masih baru dimata nasabah, dan untuk sikap nasabah terhadap keberadaan bank syariah masuk kedalam kategori baik dengan skor 1287 atau 69,94% dari skor ideal yang diharapkan 1546 kategori baik maksudnya sikap nasabah terhadap keberadaan bank syariah memiliki tanggapan yang baik, nasabah bank syariah mandiri kabupaten pringsewu sangat mendukung jika bank syariah memberikan penjelasan keterangan mengenai bank syariah agar mereka dapat lebih mudah memahami tentang bank syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 18 Jul 2018 06:15
Last Modified: 18 Jul 2018 06:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4052

Actions (login required)

View Item View Item