PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DALAM BERINTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG

ARTHA, GHANIYA ADE (2018) PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DALAM BERINTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 11 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI GHANIYA.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberikan keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan suatu tindakan. Rasa percaya diri sangat diperlukan dalam berkomunikasi ataupun ketika seseorang melakukan sesuatu dalam kehidupan sehari-hari mulai dari orang dewasa ataupun anak-anak, tidak terkecuali peserta didik di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Kenyataannya terdapat peserta didik di SMP Negeri 11 Bandar Lampung khususnya di kelas VIII D yang memiliki kepercayaan diri dalam berinteraksi sosialnya rendah. Yaitu seperti memiliki rasa rendah diri (minder), sering menyendiri, malu apabila tampil didepan kelas serta takut memulai suatu hubungan baru dengan orang lain. Peserta didik tersebut dibimbing oleh guru Bimbingan Konseling dengan memberikan layanan konseling kelompok dengan tehnik Rational Emotive Behavior Therapy untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam berinteraksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaiman penggunaan konseling kelompok dengan menggunakan tehnik Rational Emotive Behavior Therapy dalam membantu peserta didik yang mengalami masalah kurang percaya diri dalam berinteraksi sosial. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terhimpun, penulis melakukan analisis deskripsi hasil penelitian dengan menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian ini sebanyak 8 konseli yaitu peserta didik kelas VIII D di SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian mendapati secara umum peserta didik menunjukkan perkembangan pola berfikir yang positif (rasional), dari sesi konseling yang dilakukan, terdapat perubahan yang dialami oleh peserta didik yakni (1) Peserta didik juga sudah mulai mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan untuk bisa berinteraksi sosial dengan baik dengan lingkungannya; (2) menyadari bahwa sifat minder hanya akan menghambat mereka untuk maju. Oleh karena itu penggunaan konseling kelompok dengan tehnik Rational Emotive Behavior Therapy sangat efektif iii dalam membantu peserta didik yang mengalami masalah kurang percaya diri dalam berinteraksi sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 18 Jul 2018 06:12
Last Modified: 18 Jul 2018 06:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4051

Actions (login required)

View Item View Item