PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Sahnan, S (2018) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII C SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (73MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar peserta didik di sekolah yang rendah. Permasalahan penelitian ini adalah “apakah terdapat pengaruh konseling kelompok dengan teknik token economy dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII C SMP PGRI 6 Bandar Lampung?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik token economy dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII C di SMP PGRI 6 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental dengan jenis one-group pretest and post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 peserta didik kelas VII C SMP PGRI 6 Bandar Lampung yang memiliki motivasi belajar rendah dengan menggunakan teknik random sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode angket motivasi belajar peserta didik di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan layanan konseling kelompok dengan teknik token economy dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII C, hal ini ditunjukkan dari skor pre-test sebesar 11 menjadi 25 dari hasil post-test. Analisis data menggunakan uji wilxocon signed rank test dengan taraf signifikan α=0,05 (5%), diperoleh nilai Z sebesar -2.807 dan Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,005. Artinya nilai 0,005 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 (5%), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian peneliti menyimpulkan berdasarkan hipotesis, bahwa “Terdapat Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Token Economy Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII C SMP PGRI 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Jul 2018 07:47
Last Modified: 17 Jul 2018 07:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4046

Actions (login required)

View Item View Item