PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MESUJI

KHAFIDH, M. NIZARUDIN (2018) PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MESUJI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam suatu lembaga pendidikan, kepala madrasah memiliki peran yang sangat menentukan maju mundurnya sebuah lembaga pendidikan karena kepala madrasah mempunyai peran yang sangat besar dalam mengembangkan sebuah lembaga pendidikan. Dengan adanya tenaga pengajar profesional dan yang tidak profesional dalam usaha meningkatkan kualitas pembelajaran akan mempengaruhi proses belajar mengajar, karena mereka harus mampu mewujudkan tujuan pembelajaran dan juga menghasilkan peserta didik yang mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Permsalahan dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana pelaksanaan supervisi kepala sekolah untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan siswa diMAN 1 Mesuji; (2).Bagaimana pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap guru dalam memilih metode pembelajaran dan menggunakan media pembelajaran diMAN 1 Mesuji; (3). Bagaimana supervisi kepala sekolah terhadap guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran diMAN 1 Mesuji. Penelitian ini merupakan jenis peneitian field research atau penelitiam lapangan kualitatif dengan metode penelitian diskriptif. Metode pengumpulan data di peroleh dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunujukkan bahwa: (1). Untuk mempermudah guru dalam melakukan transfer ilmu, guru harus mengetahui kebutuhan siswa. Guru kelas merupakan orang yang lebih mengetahui perkembangan siswa melalui pertemuan dalam kegiatan belajar mengaja. Dalam hal ini Kepala Sekolah berkewajiban memberi arahan kepada guru bagaimana cara mengetahui kebutuhan dan permasalahan siswa; (2). Guru adalah orang yang langsung berinteraksi dengan anak didik, memberikan keteladanan, motivasi, dan inspirasi untuk terus berkarya dan berprestasi. Oleh karena itu, peningkatan kualitas guru adalah salah satu kunci memajukan pendidikan. Tanggung jawab Kepala Sekolah sebagai supervisor di sini adalah meningkatkan kualitas tenaga pendidik dalam memahami metode pengajaran dan penggunaan media pembelajaran; (3). Efektifitas pembelajaran dapat diketahui melalui evaluai hasil belajar. Kepala sekolah selalu memantau proses guru dalam melaksanakan penilaian siswa meskipun kepala sekolah hanya menerima hasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Jul 2018 07:57
Last Modified: 16 Jul 2018 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4028

Actions (login required)

View Item View Item