PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SOAL PISA (PROGRAM FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK

MOHAYAT, NURDIN (2018) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SOAL PISA (PROGRAM FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI NURDIN.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

PISA (Program for International Student Assessment) adalah studi international menguji prestasi literasi membaca, matematika, dan sains peserta didik berusia antara 15 tahun. Dalam studinya, PISA menggunakan pendekatan literasi yang inovatif, suatu konsep belajar yang berkaitan dengan kapasitas para siswa untuk menerapkan pengetahuan dengan kemampuan untuk menelaah, memberi alasan dan mengomunikasikannya, serta memecahkan permasalahan dalam berbagai situasi. Dalam mengerjakan soal PISA diperlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi meliputi kemampuan berpikir secara kritis, berpikir kreatif, serta dapat memecahkan sebuah masalah matematis. Sehingga kemampuan berpikir tingkat tinggi juga perlu dilatih agar tercipta peserta didik yang berkompeten. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berupa modul berbasis soal PISA untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen, wawancara dan angket penilaian. Modul yang dikembangkan melalui tahapan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Subjek ujicoba dilakukan pada peserta didik kelas VIII SMP Al Kautsar Bandar Lampung dan SMPN 2 Bandar Lampung. Hasil penelitian adalah modul berbasis soal PISA untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Instrumen yang telah dinyatakan valid dan layak digunakan secara keseluruhan sebagai media pembelajaran oleh 3 Ahli materi yang memperoleh skor rata-rata 84% dan 3 Ahli media yang memperoleh skor rata-rata 86% dengan masing-masing skor maksimal kevalidan adalah 100%. Sedangkan uji kemenarikan media pembelajaran dinyatakan “Sangat Menarik” oleh uji kelompok kecil yang memperoleh skor rata-rata 82% dan uji kelompok besar dengan skor ratarata 87% dengan masing-masing skor maksimal kemenarikan adalah 100%. Sehingga dapat disimpulkan pengembagan modul matematika yang dihasilkan dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai modul yang dapat melatih peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Jul 2018 07:45
Last Modified: 16 Jul 2018 07:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4023

Actions (login required)

View Item View Item