PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI MERAH-PUTIH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PESERTA DIDIK KELAS V SD/MI TAHUN AJARAN 2017/2018

ANGGRAHENI, NILAM SRI (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI MERAH-PUTIH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PESERTA DIDIK KELAS V SD/MI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (24MB) | Preview

Abstract

Bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan dan disukai anak-anak, bermain dapat juga dijadikan sebagai media pembelajaran. Hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri 3 Sawah Lama Bandar Lampung di dapati bahwa bentuk media pembelajaran yang digunakan belum begitu menarik peserta didik untuk belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran yaitu pengembangan media permainan monopoli merah-putih. Rumusan masalah dari penelitian ini, sebagai berikut: 1)Bagaimanakah langkah-langkah pengembangan permainan media monopoli merah-putih?; (2) Bagaimanakah kualitas dari media permainan monopoli merah-putih?; (3)Bagimanakah respon peserta didik terhadap media permainan monopoli merahputih?. Peneliti menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Borg dan Gall yang dilakukan hingga pada langkah ke tujuh, adapun langkah-langkah tersebut sebagai berikut; (1)Potensi dan masalah; (2)Pengumpulan data; (3)Desain produk; (4)Validasi desain; (5)Revisi desain; (6)Ujicoba produk; dan (7)Revisi produk. Berdasarkan langkah-langkah di atas, peneliti menghasilkan suatu produk berupa media permainan monopoli merah-putih pada pembelajaran tematik integratif. Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh rata-rata 93% “sangat baik”. Hasil penilaian dari ahli media memperoleh rata-rata 92% “sangat baik”. Hasil penilaian dari praktisi pendidikan memperoleh rata-rata 90% “sangat baik”. Hasil angket respon peserta didik pada uji coba kelas kecil memperoleh rata-rata 96% “sangat baik”. Hasil uji coba kelas besar memperoleh rata-rata 94% “sangat baik”. Berdasarkan hasil uraian diatas maka produk yang dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Adanya produk ini diharapkan dapat menjadikan pembelajaran yang lebih menyenangkan untuk peserta didik, sebagai tambahan media bagi pendidik, dan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan dapat lebih menyempurnakan media permainan monopoli agar lebih edukatif serta inovatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Jul 2018 07:40
Last Modified: 16 Jul 2018 07:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4021

Actions (login required)

View Item View Item