ANGGRAHENI, NILAM SRI
(2018)
PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI MERAH-PUTIH
PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PESERTA DIDIK
KELAS V SD/MI TAHUN AJARAN 2017/2018.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan dan disukai anak-anak,
bermain dapat juga dijadikan sebagai media pembelajaran. Hasil observasi yang
dilakukan di SD Negeri 3 Sawah Lama Bandar Lampung di dapati bahwa bentuk
media pembelajaran yang digunakan belum begitu menarik peserta didik untuk
belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut, solusi untuk mengatasi masalah ini
adalah dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran yaitu pengembangan
media permainan monopoli merah-putih.
Rumusan masalah dari penelitian ini, sebagai berikut: 1)Bagaimanakah
langkah-langkah pengembangan permainan media monopoli merah-putih?; (2)
Bagaimanakah kualitas dari media permainan monopoli merah-putih?;
(3)Bagimanakah respon peserta didik terhadap media permainan monopoli merahputih?.
Peneliti menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan
menggunakan model Borg dan Gall yang dilakukan hingga pada langkah ke tujuh,
adapun langkah-langkah tersebut sebagai berikut; (1)Potensi dan masalah;
(2)Pengumpulan data; (3)Desain produk; (4)Validasi desain; (5)Revisi desain;
(6)Ujicoba produk; dan (7)Revisi produk.
Berdasarkan langkah-langkah di atas, peneliti menghasilkan suatu produk
berupa media permainan monopoli merah-putih pada pembelajaran tematik
integratif. Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh rata-rata 93% “sangat
baik”. Hasil penilaian dari ahli media memperoleh rata-rata 92% “sangat baik”.
Hasil penilaian dari praktisi pendidikan memperoleh rata-rata 90% “sangat baik”.
Hasil angket respon peserta didik pada uji coba kelas kecil memperoleh rata-rata
96% “sangat baik”. Hasil uji coba kelas besar memperoleh rata-rata 94% “sangat
baik”. Berdasarkan hasil uraian diatas maka produk yang dikembangkan oleh
peneliti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Adanya produk ini
diharapkan dapat menjadikan pembelajaran yang lebih menyenangkan untuk
peserta didik, sebagai tambahan media bagi pendidik, dan untuk peneliti
selanjutnya, diharapkan dapat lebih menyempurnakan media permainan monopoli
agar lebih edukatif serta inovatif
Actions (login required)
 |
View Item |