EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

SAPUTRA, YOGI (2018) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI YOGI.pdf]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan interaksi sosial merupakan hubungan individu satu dengan individu lainnya di mana individu satu dengan yang lainnya dapat mempengaruhi individu lain dan terdapat hubungan yang timbal balik. Hubungan tersebut dapat antara individu dengan individu individu dangan kelompok atau kelompok dengan kelompok yang menimbutkan hubungan timbal balik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah bimbingan kelompok dengan teknik modelling efektif untuk mengembangkan kemampuan interaksi sosial peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung. Desain eksperimen quasi yang digunakan adalah nonequlvalent pretestpostest group design, yaitu jenis desain yang biasanya dipakai pada eksperimen yang menggunakan kelas-kelas yang sudah ada sebagai kelompoknya, dengan memilih kelas-kelas yang diperkirakan sama keadaan atau kondisinya. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung yang memiliki kategori kemampuan interaksi sosial rendah dan sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan interaksi sosial peserta didik selelah melaksanakan bimbingan kelompok dengan taknik modelling dengan diperoleh (df) 32 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0.05 = 1.717 maka thitung ≥ ttabel (2.682 ≥ 1.693) atau nilai sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0.005 (0.000 ≤ 0.005), ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, selain itu didapatkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol (158.24 ≥ 145.00). Jadi dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan taknik modelling dapat mengembangkan kemampuan interaksi sosial peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Jul 2018 07:38
Last Modified: 16 Jul 2018 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4020

Actions (login required)

View Item View Item