PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MIN 10 BANDAR LAMPUNG

Rusmawardani, Immel (2018) PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (72MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan rendahnya pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran fiqih, karena peserta didik cenderung pasif hanya mendengarkan penjelasan guru, guru kurang menggunakan metode pembelajaran yang variatif dan menarik, sehingga perlu metode pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penerapan metode simulasi dapat meningkatkan pemahaman peserta didik mata pelajaran fiqih pada siswa kelas IV MIN 10 Bandar Lampung? Tujuan pada penelitian untuk mengetahui peningkatan pemahaman tentang shalat idain mata pelajaran fiqih setelah menggunakan metode simulasi pada siswa kelas IV MIN 10 Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan di MIN 10 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Tanggart. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi untuk setiap siklusnya. Siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes tulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode simulasi dapat dilakukan dengan baik terbukti dari hasil skor observasi pemahaman siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 70%, pada siklus ke-II menjadi 80%, dan pada akhir siklus ke-III mengalami peningkatan menjadi 95% yang artinya berkategori sangat baik. Terdapat peningkatan pemahaman tentang shalat idain mata pelajaran fiqih pada siswa kelas IV MIN 10 Bandar Lampung setelah menggunakan penerapan metode simulasi. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 65%. Siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 15%. Pada siklus ke-II menjadi 80%. Pada akhir siklus ke-III mengalami peningkatan menjadi 90%. Siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 10%. Penelitian ini dikatakan berhasil karena telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu 85% siswa mendapat skor baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode simulasi di kelas IV MIN 10 Bandar Lampung dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang shalat idain pada mata pelajaran fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Jul 2018 07:22
Last Modified: 16 Jul 2018 07:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4014

Actions (login required)

View Item View Item