ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELANGGAN BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) CABANG BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN MODEL ANTRIAN MULTI CHANNEL-SINGLE PHASE

SERLINA, LINDA (2018) ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELANGGAN BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) CABANG BANDAR LAMPUNG MENGGUNAKAN MODEL ANTRIAN MULTI CHANNEL-SINGLE PHASE. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Antrian merupakan masalah yang selalu dihadapi oleh nasabah pada suatu bank. Antrian terjadi disebabkan karena kebutuhan akan layanan melebihi kapasitas pelayanan, sehingga nasabah yang datang tidak dapat segera dilayani disebabkan kesibukan layana pada bagian teller. Penelitian dilakukan pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Bandar Lampung, selama satu minggu pengamatan, setiap harinya pada pukul 09.00-11.00 WIB. Setelah pengambilan data, maka dilakukan pengukuran keseimbangan atau steady state dan pengujian hipotesis. Parameter sistem antrian yang diukur adalah ekspektasi pola kedatangan, ekspektasi pola pelayanan, peluang masa sibuk, ekspektasi panjang antrian, ekspektasi dalam sistem, ekspektasi menunggu dalam sistem, ekspektasi menunggu dalam antrian dan ekspektasi waktu pelayanan. Penelitian ini menghasilkan model antrian (M/G/4) : (FIFO/ , pola kedatangan berdistribusi Poisson dan pola pelayanan tidak berdistribusi Eksponensial, melainkan berdistribusi Normal. Disiplin antrian yaitu first in first out (FIFO), dengan struktur antrian multi channel-single phase. Kata Kunci: First in first out, multi channel-single phase, teori antrian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Jul 2018 06:40
Last Modified: 16 Jul 2018 06:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4001

Actions (login required)

View Item View Item