PENGARUH STRATEGI JOYFUL LEARNING DENGAN TEKNIK MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG

Novitasari, Yeni (2017) PENGARUH STRATEGI JOYFUL LEARNING DENGAN TEKNIK MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu modal penting bagi seseorang untuk menjalani kehidupannya. Peran pendidikan tidak terlepas dari komponen-komponen peserta didik, guru, materi pembelajaran, media pembelajaran, model pembelajaran, dan lain sebagainya. Faktor utama dalam pendidikan yang dijelaskan tersebut perlu ditingkatkan kualitasnya sebab maju mundurnya peradaban masyarakat atau bangsa terletak pada tingkat pendidikan. Penelitian pada kali ini juga dilatar belakangi oleh rendahnya rataan hasil belajar kognitif peserta didik. Hasil belajar yang rendah tersebut disebabkan karena tingkat pemahaman konsep yang kurang sehingga nilai yang diperoleh peserta didik banyak yang tidak memuaskan. Kemampuan untuk memahami dan bekerjasama antar peserta didik yang masih kurang bisa membuat proses pembelajaran menjadi kurang kondusif. Kecerdasan ini belum dimunculkan saat prosess pembelajaran, karena kecerdasan antarpribadi adalah kemampuan untuk memahami dan bekerjasama satu sama lin. Salah satu penyebabnya adalah cara penyampaian guru dalam memberikan materi dan pendidik jarang menerapkan strategi yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah dengan menerapkan strategi joyfull learning atau pembelajaran yang menyenangkan menggunakan mind map. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi joyfull learning dengan teknik mind map terhadap hasil belajar kognitif khususnya materi sistem ekskresi di SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Jenis penelitian quasy eksperimental dengan jenis nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Bandar Lampung dengan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diperoleh menggunakan tehnik Cluster Random Sampling. Kelas eksperimen XI IPA 1 dan kelas kontrol XI IPA 3. Teknik pengumpulan data observasi, tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji t independent dengan sampel tidak berkorelasi diperoleh bahwa thitung =3,625 dan ttabel =2,001. Hal ini berarti bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi joyfull learning dengan teknik mind map terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Bandar Lampung pada materi sistem ekskresi setelah diberi perlakuan. Peningkatan hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti penggunaan strategi pembelajaran juga disebabkan oleh faktor internal seperti kemampuan kognitif yang bisa mempengaruhi daya ingat pada peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung. Kata kunci: Strategi Joyfull learning, Mind Map, dan Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 17 Mar 2017 01:26
Last Modified: 17 Mar 2017 01:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/400

Actions (login required)

View Item View Item