PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Wandari, Khusnul Ayu (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP PGRI 6 Bandar Lampung, menunjukkan bahwa masih banyaknya siswa yang belum mencapai nilai KKM. Penyebabnya adalah siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran di kelas, kurangnya tuntutan siswa untuk lebih menggali ilmu pengetahuan tentang materi yang sedang disajikan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dan perbedaan strategi pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari pengetahuan awal matematis (PAM) siswa kelas VII di SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Experimental Design. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP PGRI 6 Bandar Lampung dengan jumlah populasi 246 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan uji ANAVA dua arah dengan sel tak sama dan uji lanjut yang menggunakan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe’. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terhadap data penelitian didapat bahwa: (1) siswa dengan perlakuan strategi pembelajaran Group Investigation mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematika yang lebih baik daripada siswa dengan perlakuan pembelajaran konvensional; (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan PAM tinggi lebih baik daripada siswa dengan PAM sedang dan rendah. Sedangkan siswa dengan PAM sedang mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematika yang lebih baik daripada siswa dengan PAM rendah; (3) Dan tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran Group Investigation dengan kategori pengetahuan awal matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jul 2018 07:23
Last Modified: 13 Jul 2018 07:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3987

Actions (login required)

View Item View Item