PENGARUH METODE INQUIRY BERBANTU MEDIA ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MIN 4 BANDAR LAMPUNG

NOFALIA, DESTI (2018) PENGARUH METODE INQUIRY BERBANTU MEDIA ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MIN 4 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (70MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan faktor utama yang perlu ditingkatkan kualitasnya. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu upaya pendidik dalam meningkatkan hasil belajar adalah menggunakan metode pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode inquiry. Metode inquiry merupakan salah satu metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berlatih menjelaskan kembali materi yang dipelajari dan disampaikan oleh guru saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh metode inquiry berbantu media alat peraga terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di MIN 4 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Exsperiment Design jenis deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas V di MIN 4 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 36 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik acak kelas yaitu pengambilan sampel secara acak terhadap kelas atau kelompok berjumlah 2 kelas yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 18 peserta didik dan kelas VB sebagai kelas kontrol berjumlah 18 peserta didik. Pengujian analisis data dilakukan dengan metode Liliefors untuk uji normalitas dan uji Barlett untuk uji homogenitas. Pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes (pretest dan postest) kemudian dianalisis menggunakan Microsoft Excell. Berdasarkan hasil penelitian data perhitungan uji-t diperoleh hasil bahwa thitung = 13,7857, sedangkan nilai ttabel = 1,691. Oleh karena thitung  ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode inquiry berbantu media alat peraga terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di MIN 4 Bandar Lampung. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Pengaruh metode

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jul 2018 07:21
Last Modified: 13 Jul 2018 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3986

Actions (login required)

View Item View Item