PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP TINGKAT PENJUALAN MENURUT PERPSEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Toko Kue Dua Putri Kab. Lampung Barat)

SARI, MELI KARTIKA (2018) PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP TINGKAT PENJUALAN MENURUT PERPSEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Toko Kue Dua Putri Kab. Lampung Barat). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI MELI KARTIKA SARI.pdf]
Preview
PDF
Download (15MB) | Preview

Abstract

Perkembangan dalam dunia bisnis dalam bidang kuliner semakin mengalami variasi yang beragam, terutama dalam bisnis kue yang saat ini semakin banyak digemari oleh masyarakat. Perkembangan bisnis kue yang terus meningkat mengharuskan para pelaku bisnis ini untuk terus-menerus berinovasi dalam mengembangkan bisnisnya agar mampu bersaing dengan perusahaan pesaingnya. Dalam meningkatkan daya saingnya perusahaan dituntut untuk dapat menyusun dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kondisi pasar. perusahaan harus menerapkan marketing mix yang tepat agar mampu meningkatkan penjualannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah promotion, product, price and place berpengaruh terhadap tingkat penjualan di Toko Kue Dua Putri Lampung Barat serta apakah marketing mix berpengaruh terhadap tingkat penjualan di Toko Kue Dua Putri Lampung Barat. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promotion, product, price dan place terhadap tingkat penjualan di Toko Kue Dua Putri Lampung Barat, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh marketing mix terhadap tingkat penjualan di Toko Kue Dua Putri Lampung Barat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Risearch). Sifat penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian assosiatif dengan menggunakan metode pendekatan secara kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan konsumen Toko Kue Dua Putri Lampung Barat, dengan jumlah sampel 60 orang yang diambil dari rata-rata konsumen yang datang perbulannya. Metode analisa yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi (R2), uji f (simultan) dan uji t (parsial). Penelitian ini menggunakan indikator marketing mix sebagai variabel independen yaitu promotion (X1), product (X2), price (X3), dan place (X4), serta variabel dependen dalam penelitian ini adalah tingkat penjualan (Y). dalam penelitian ini data diolah menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian yang dilakukan, secara simultan promotion, product, price and place berpengaruh terhadap tingkat penjualan. Sedangkan secara parsial diketahui bahwa promotion berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap tingkat penjualan, sedangakan untuk variabel product, price and place memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat penjualan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan perhitungan nilai thitung > ttabel. Selanjutnya variabel promotion, product, price and place dikatakan mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap tingkat penjualan yaitu sebesar 63,5% serta sisanya 36,5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jul 2018 07:13
Last Modified: 13 Jul 2018 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3983

Actions (login required)

View Item View Item