PENGEMBANGAN MODUL AQIDAH AKHLAK MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING MATERI ASMA’UL HUSNA PADA SISWA KELAS VII MTs DARUR RIDHO

Sari, Mita (2018) PENGEMBANGAN MODUL AQIDAH AKHLAK MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING MATERI ASMA’UL HUSNA PADA SISWA KELAS VII MTs DARUR RIDHO. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (69MB) | Preview

Abstract

Dibutuhkannya bahan ajar berupa modul sebagai pendamping belajar siswa sehingga siswa dapat belajar secara mandiri. Modul yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah modul aqidah akhlak menggunakan teknik mind mapping materi Asma’ul Husna. Teknik mind mapping dapat membantu ingatan siswa karena teknik mind mapping memuat gambar-gambar sehingga menarik dan mudah diterima siswa. Modul aqidah akhlak ini dikembangkan dengan menyesuaikan kurikulum yang berlaku di sekolah yaitu kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul aqidah akhlak menggunakan teknik mind mapping, untuk mengetahui kelayakan modul menggunakan teknik mind mapping serta untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap modul aqidah akhlak menggunakan teknik mind mapping yang dikembangkan Metode dalam penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan Sugiyono. Ada 7 tahap dalam pengembangan ini yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk dan revisi produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli teknologi pembelajaran dan ahli bahasa untuk mengetahui kelayakan produk, dan diberikan kepada siswa dan guru untuk mengetahui kemenarikan produk yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dinyatakan bahwa modul yang dikembangkan layak untuk digunakan, dan analisis data yang diperoleh dari respon siswa dan guru dinyatakan bahwa modul yang dikembangkan sangat menarik. Hal ini berarti modul yang dikembangkan oleh peneliti dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa/i dan guru MTs kelas VII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jul 2018 07:03
Last Modified: 13 Jul 2018 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3979

Actions (login required)

View Item View Item