MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) FITRAH INSANI KEC. LANGKAPURA KOTA. BANDAR LAMPUNG

Sepriyanti, S (2018) MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) FITRAH INSANI KEC. LANGKAPURA KOTA. BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen kelas merujuk kepada kegiatan-kegiatan yang menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar-mengajar dibutuhkan adanya efektivitas pembelajaran, hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik yang akan dicapai oleh peserta didik itu sendiri. Dengan demikian manajemen kelas memiliki peranan penting dalam meningkatkan efektivitas belajar peserta didik yaitu berusaha semaksimal mungkin agar peserta didik memiliki motivasi belajar yang tinggi terhadap semua pengajaran. SDIT Fitrah Insani Langkapura Bandar Lampung telah melaksanakan manajemen kelas dalam proses pembelajaran di sekolah. Namun masih ada peserta didik yang motivasi belajarnya kurang, sehingga penulis merumuskan masalah sebagai berikut “Bagaimanakah Implementasi Manajemen Kelas Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Fitrah Insani Langkapura Bandar Lampung”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kelas dan mengetahui proses pembelajaran pendidikan agama islam di SDIT Fitrah Insani Langkapura Bandar Lampung. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan analisa deskriptif yaitu analisa data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan apa adanya mengenai prilaku obyek yang sedang diteliti. Adapun obyek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV di SDIT Fitrah Insani Langkapura Bandar Lampung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun dalam pengambilan kesimpulan menggunakan data berfikir induktif yaitu pemikiran yang berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa khusus kemudian dari fakta-fakta khusus tersebut ditarik generalisasi yang mempunyai sifat umum. Kesimpulan penelitian manajemen kelas dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SDIT Fitrah Insani Langkapura Bandar Lampung adalah melalui tujuan pengajaran, pengaturan waktu, pengaturan ruangan (fasilitas), dan pengelompokkan siswa dalam belajar. Adapun peranan lain yang dilaksanakan oleh manajemen kelas dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam ialah dengan pengorganisasian pembelajaran, komunikasi secara efektif, penguasaan dan antusiasme terhadap mata pelajaran, sikap positif terhadap peserta didik, pemberian nilai yang adil dan keluwesan dalam pendekatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jul 2018 06:53
Last Modified: 13 Jul 2018 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3976

Actions (login required)

View Item View Item