PENGARUH KEMAMPUAN BAHASA INDONESIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ISLAM PATANI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

Chedoha, Muhammad Yusri (2018) PENGARUH KEMAMPUAN BAHASA INDONESIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ISLAM PATANI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI YUSRI.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berbahasa Indonesia terhadap prestasi belajar mahasiswa Islam Patani di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Secara umum, penelitian ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa Islam Patani yang berada di UIN RIL dengan jumlah mahasiswa seluruhnya 47 orang. Untuk menentukan besarnya jumlah sampel, peneliti mengambil seluruh populasi yang ada menjadi sampel dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dalam pengolahan dan analisis data dilakukan melalui teknik analisis korelasional, artinya mencari pengaruh antara variabel X (kemampuan berbahasa Indonesia mahasiswa Islam Patani) dengan variabel Y (perestasi belajar mahasiswa Islam Patani). Rumus yang digunakan adalah korelasi Product Moment yaitu : rxy      2  2  2  2           Sedangkan untuk mengetahui berapa persen besarnya pengaruh kemampuan berbahasa Indonesia terhadap prestasi belajar mahasiswa Islam Patani dapat digunakan rumus Indeks Determinasi yaitu : D = r2 x 100 % Berdasarkan analisis data di atas maka dalam penelitian ini diperoleh hasil penelitian dengan nilai rata-rata dari kemampuan berbahasa Indonesia mahasiswa Islam Patani adalah 0.61. Sebanyak 17 orang (36.17 %) yang terletak pada interval ii 25–28, dan dikategorikan hampir cukup. Nilai rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif 47 orang mahasiswa Islam Patani adalah 2.87. Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa Islam Patani, paling besar terletak pada interval 3.00 – 3.49, yaitu sebanyak 21 orang (44.68%). Dengan demikian, maka dapat dikategorikan predikat sangat memuaskan. Pengaruh kemampuan berbahasa Indonesia terhadap prestasi belajar mahasiswa Islam Patani di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung adalah 0.83 yang dikategorikan tinggi, sedangkan indeks determinasinya adalah sebesar 36.27 %. Berdasarkan pengujian hipotesis perhitungan diperoleh r korelasi antara kemampuan berbahasa Indonesia dengan peningkatan prestasi belajar mahasiswa Islam Patani adalah 0,83. jika dilihat dari tabel product moment bahwa N = 47, harga r tabel pada taraf signifikansi 5 % = 0,288 dan taraf 1 % = 0,317. Jadi dapat diketahui bahwa r observasi yang diperoleh lebih besar dari r tabel. Berarti hipotesis yang diujikan terdapat pengaruh kemampuan berbahasa Indonesia terhadap prestasi belajar mahasiswa Islam Patani di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung diterima. Besarnya pengaruh kemampuan berbahas Indonesia terhadap prestasi belajar mahasiswa Islam Patani adalah sebesar 36.27 %, sedangkan sisanya yaitu 64.73 % ditentukan oleh variabel lain yang perlu diteliti lebih lanjut (tidak diteliti dalam penelitian ini). Kata Kunci : Mahasiswa Islam Patani, UIN Raden Intan Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2018 07:52
Last Modified: 12 Jul 2018 07:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3971

Actions (login required)

View Item View Item