ANALISIS PENGARUH IMPLEMENTASI COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH (Studi pada PT. BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung)

Suma, Martin Fajar (2018) ANALISIS PENGARUH IMPLEMENTASI COSTUMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH (Studi pada PT. BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Lembaga keuangan syariah pada saat ini mengalami peningkatan yang mengakibatkan timbulnya persaingan antar lembaga keuangan. Terlebih lagi di Indonesia menerapkan dual banking system. Persaingan dirasakan oleh semua lembaga keungan salah satunya yaitu PT. BPRS Mitra Agro Usaha. Pada saat ini sangatlah sulit melakukan persaingan antar lembaga keuangan terlebih dengan lembaga keuangan berskala yang lebih besar. Untuk itu Perbankan harus menerapkan Salah satu program perbankan dalam mempertahankan nasabah dengan cara berhubungan lebih jauh kepada nasabahnya yaitu dengan menggunakan program Costumer Relationship Managemen (CRM). Costumer Relationship Managemen (CRM) adalah suatu proses mendapatkan, mempertahankan, dan mengembangkan pelanggan yang menguntungkan dan memperluas suatu fokus yang jelas terhadap atribut suatu jasa yang dapat menghasilkan nilai kepada pelanggan sehingga dapat menghasilkan loyalitas nasabah. Adapun rumusan masalah ini adalah 1) Apakah Costumer Relationship Management (CRM) berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah, 2) Apakah people (karyawan), proses, dan teknologi berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah, 3) Apakah penerapan CRM sudah dilakukan dengan benar oleh BPRS Mitra Agro Usaha. Tujuan Penelitian ini yaitu 1) Untuk megetahui pengaruh CRM terhadap Loyalitas Nasabah, 2) Untuk mengetahui pengaruh people (karyawan), proses, teknologi terhadap loyalitas nasabah, 3) untuk mengetahui penerapan CRM yang dilakukan oleh BPRS Mitra Agro Usaha. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriftif dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Hasil penelitian ini yaitu Costumer Relationship Management (CRM) berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah Hal ini dibuktikan dengan hasil uji koefisien determinasi bahwa CRM berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah sebesar 62%, sedangkan 38% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Pada hasil uji t (parsial) yaitu people, proses, dan teknologi diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar 3,077> 2,810. Akan tetapi pada uji F (simultan) variabel teknologi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas karena nilai thitung < ttabel sebesar 1,941 < 2,014. Adapun penerapan CRM sudah dilakukan dengan baik oleh BPRS Mitra Agro Usaha terbukti bahwa penerapan yang dilakukan sudah sesuai dengan prosedure yang telah ditetapkan. Kata kunci: Costumer Relationship Management (CRM) dan Loyalitas Nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jul 2018 06:38
Last Modified: 12 Jul 2018 06:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3961

Actions (login required)

View Item View Item