METODE PENDIDIKAN ANAK DALAM PANDANGAN ABDULLAH NASHIH ‘ULWAN

Apipah, Upik (2018) METODE PENDIDIKAN ANAK DALAM PANDANGAN ABDULLAH NASHIH ‘ULWAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penulis mengambil pemikiran Abdullah Nashih Ulwan didasari oleh keinginan mendalami pemikiran beliau mengenai metode pendidikan anak dalam Islam. Beliau adalah tokoh pendidikan yang kharismatik dan disegani di zamannya. Pemikirannya selalu mengacu pada Al-Quran dan Hadis sehingga menjadikannya tergolong sebagai literalis. Abdullah Nashih Ulwan berperan besar dalam perkembangan Islam dan pendidikan terutama melalui beberapa hasil karyanya dan termasuk salah satu karyanya yang popular adalah Tarbiyatul Aulad fil Islam. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana metode pendidikan dalam Islam menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Relevansinya dengan pendidikan islam saat ini?. Adapun metode pendidikan dalam Islam menurut Abdullah Nashih Ulwan adalah meliputi : 1) Pendidikan dengan keteladanan, atau memberi teladan yang baik, menjadikan Rasulullah Saw sebagai teladan utama, maka anak akan mendapat sifatsifat yang utama, akhlak yang sempurna, meningkat pada keutamaan dan kehormatan. 2) Pendidikan dengan adat kebiasaan, kebiasaan orang tua menjadi factor utama yang ditiru anak, jika dilakukan dengan baik maka anak berada dalam pembentukan edukatif sampai pada hasil-hasil yang memuaskan sebab ini semua bersandarkan pada metode memperhatikan dan mengawasi. 3) Pendidikan dengan nasihat, dengan memberi nasehat, bimbingan secara berangsur, maka anak akan terpengaruh oleh kata-kata yang memberi petunjuk, nasehat memberi bimbingan, kisah yang efektif, dialog yang menarik hati, metode yang bijaksana. Tanpa ini, tak akan tergerak perasaan anak, tidak akan bergerak hati dan emosinya. Sehingga pendidikan anak menjadi kering, dan tipis harapan orang tua untuk memperbaikinya. 4) Pendidikan dengan perhatian/pengawasan, dengan perhatian dan pengawasan dalam segala aspek jasmani dan rohani, maka anak akan menjadi baik, jiwanya akan luhur, budi pekertinya akan mulia akan menjadi masyarakat yang berguna. Tanpa ini, anak akan terjebak pada kebiasaan yang hina dan di masyarakat ia akan menjadi belenggu bagi masyarakat terkhusus orang tuanya. dan 5) Pendidikan dengan hukuman. dengan memberi hukuman secara bertahap sesuai dengan tingkat kesalahan anak dan masa perkembangan anak, anak akan jera dan berhenti dari berperilaku buruk. Tanpa ini, anak akan terus menerus berkembang pada kenistaan, kemungkaran dan kerusakan serta berprilaku semaunya, bertindak tampa berfikir panjang akan resiko dari perbuatannya. Kata kunci : Metode Pendidikan Anak, dan Pandangan Abdullah Nashih Ulwan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jul 2018 06:36
Last Modified: 12 Jul 2018 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3960

Actions (login required)

View Item View Item