IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH TENTANG PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Kurniati, Ruly (2018) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH TENTANG PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full AA.pdf]
Preview
PDF
Download (69MB) | Preview

Abstract

Kebijakan kepala sekolah tentang program tahfidz Al-Qur’an berawal dari guru menyuruh siswa membaca Al-Qur’an tetapi siswa itu belum lancar membacanya dan kemirisan saat ini tentang hafalan suratan, ada beberapa dari siswa yang hanya hafal surat Al-Ikhlas, An-Nas, Al-Fatihah, Al-Falaq. Oleh sebab itu kepala sekolah membuat kebijakan tentang program tahfidz Al-Qur’an. Sistem membaca Al-Qur’an di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung adalah dengan hafalan yang dibimbing langsung oleh guru kelas masing-masing. Guru kelas tersebut juga adalah guru yang mampu membaca Al-Qur’an. Hafalan tersebut dilaksanakan setiap hari sebelum jam pelajaran dimulai. Bulan pertama dan kedua mereka masih dibimbing langsung oleh gurunya dengan melihat mushaf, bulan berikutnya mereka dibiasakan tanpa melihat mushaf. Di akhir semester mereka harus menyetorkan hafalan mereka kepada guru kelas masing-masing. Hafalan pun setiap kelas berbeda-beda sesuai kemampuan mereka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif tahapannya meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa-siswi SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung dari kelas I sampai kelas III. Sumber penelitian ini diambil dari Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa-siswi SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung sangat senang dengan adanya kebijakan program tahfidz Al-Qur’an dengan jenis hafalan. Manfaat yang mereka dapat diantaranya mendapat pahala, dan menambah hafalan. Kebijakan itu juga tidak mengganggu aktivitas mereka belajar. Metode yang digunakan sangat menyenangkan dan membimbing mereka yaitu metode takrir. Metode takrir yaitu metode yang digunakan secara berulang-ulang dengan bimbingan dan pengawasan dari guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 07:58
Last Modified: 11 Jul 2018 07:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3945

Actions (login required)

View Item View Item