PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA MATA PELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR KELAS V (Materi Mengenal Peninggalan Sejarah Masa Hindu, Budha, dan Islam)

Andrayani, Santi (2018) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA MATA PELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR KELAS V (Materi Mengenal Peninggalan Sejarah Masa Hindu, Budha, dan Islam). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (58MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran dapat membantu guru untuk menyampaikan materi secara menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Ketersediaan media dalam pembelajaran sejarah masih jarang ditemukan. Dari masalah tersebut peneliti ingin mengembangkan sebuah media pembelajaran, yaitu menghasilkan produk komik sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik yang layak untuk pembelajaran tentang mengenal peninggalan kerajaan masa Hindu Budha dan Islam pada Kelas V MIN 9 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Researtch and Development.dan pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIN 9 Bandar Lampung, semester I. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Instrumen penelitian diuji dengan menggunakan validitas isi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian media komik dikembangkan mengacu pada tahap pengembangan Borg and Gall yang dikelompokkan dalam tujuh tahap, yakni potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk. Media komik yang dikembangkan secara kuantitatif dan kualitatif layak diterapkan dalam pembelajaran. Secara kuantitatif, penilaian dari ahli materi 97,08 (kesesuaian kurikulum, kebenaran isi dan cara penyajian materi termasuk kriteria layak), ahli media masing-masing adalah 82,86 (pertimbangan produksi, desain visual, dan kualitas teknis termasuk kriteria sangat layak) dan untuk penilaian ahli bahasa sebesar 89,16. Sementara itu, penilaian yang diberikan siswa pada tahap uji lapangan terbatas 85,4 (termasuk kriteria sangat layak), dan uji lapangan lebih luas adalah 75,84 (termasuk kriteria sangat layak). Secara kualitatif, media komik “Mari Belajar Sejarah (Mengenal Peninggalan Kerajaan Masa Hindu, Budha dan Islam)” mampu menarik perhatian siswa untuk belajar, memudahkan belajar siswa, serta merangsang siswa mengingat materi secara lebih mudah. Kata kunci : Media Komik, Pembelajaran Sejarah,Mengenal Peninggalan Kerajaan Masa Hindu, Budha dan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 07:46
Last Modified: 11 Jul 2018 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3941

Actions (login required)

View Item View Item