PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PENGEMBANGAN SAINS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK PADMA MANDIRI WAYHALIM KEDATON BANDAR LAMPUNG

Hanafi, Try Handayani (2017) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PENGEMBANGAN SAINS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK PADMA MANDIRI WAYHALIM KEDATON BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_ANI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan sains merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang senantiasa harus dikembangkan agar anak dapat mengenal dan memupuk rasa cinta terhadap alam sekitar sehingga menyadari bahwa kebesaran dan keagungan tuhan yang maha esa. Pentingnya sains ini harus ditanamkan sejak usia dini, agar menumbuhkan minat pada anak untuk mengenal dan mempelajari benda-benda serta kejadian dilingkungan sekitarnya. Disinilah peranan seorang guru pendidikan taman kanak-kanak sangat diharapkan, seorang guru hendaknya berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan kemampuan sains sejak usia dini yang disesuaikan dengan karakteristik anak, seperti melalui penggunaan metode demonstrasi sebagai salah satu metode yang banyak disukai anak apabila dapat diterapkan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana penerapan metode demonstrasi pada pengembangan sains anak usia dini di Taman Kank-kanak Padma Mandiri Wayhalim Kedaton Bandar Lampung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah Subjek sebanyak 22 anak di kelas B3, sedangkan objek penelitiannya adalah penerapan metode demonstarasi pada pengembangan sains anak usia dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Kemudian dilanjutkan menganalisis data melalui sistem reduksi data,display data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil pengelolahan dan analisis data hasil yang penulis lakukan maka dapat diketahui bahwa perkembangan sains anak peserta didik kelas B3 di Taman Kanka-kanak Padma Mandiri Wayhalim Kedaton Bandar Lampung sudah berkembang dengan baik dengan adanya penerapan metode demonstrasi melalui permainan sains. Adapun saran untuk guru agar dalam melakukan kegiatan perlu menggunakan metode yang mudah dan menarik, agar anak dengan mudah memahami pelajaran yang disampaikan,Untuk itu guru harus berusaha semaksimal mungkin menjadikan belajar sebagai sesuatu yang menyenangkan bagi anak didiknya. Untuk Sekolah agar dapat meningkatkan mutu pendidikan dengan penggunaan metode dan media yang tepat dan optimal sehingga hasilnya bisa dijadikan sebagai contoh untuk sekolah-sekolah lain Untuk peneliti lain agar dapat menemukan metode-metode baru untuk dapat mengembangkan sains anak usia dini. Kata Kunci: penerapan, metode demontrasi, sains, anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 17 Mar 2017 01:28
Last Modified: 17 Mar 2017 01:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/393

Actions (login required)

View Item View Item