ANALISIS WACANA JILBAB PADA AKUN TWITTER @PEDULIJILBAB

Septiana, Dwi (2018) ANALISIS WACANA JILBAB PADA AKUN TWITTER @PEDULIJILBAB. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL B.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan menghadirkan media baru seperti internet yang terdapat media sosial di dalamnya, membuat banyak aktivis dakwah memanfaatkannya sebagai media dakwah. Salah satunya adalah media sosial Twitter. Akun Twitter @pedulijilbab merupakan salah satu akun dakwah di media sosial Twitter yang mengkampanyekan jilbab sesuai syariat Islam. Dengan menyampaikan ajakan-ajakan berjilbab, tujuan dan manfaat dalam berjilbab serta esensi dari jilbab itu sendiri. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana wacana jilbab dalam postingan tweets dari akun Twitter @pedulijilbab dari segi teks yaitu secara makro maupun mikro. Lalu untuk mengetahui bagaimana konteks sosial dari masyarakat mengenai jilbab melalui akun Twitter @pedulijilbab dengan menggunakan pisau analisis wacana model Van Dijk yang membaginya ke dalam tiga elemen yaitu Teks, Kognisi Sosial dan Konteks Sosial. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang bersifat deskriptif analitik dengan menggunakan perangkat analisis wacana model Teun A. Van Dijk yang meliputi enam unsur yaitu dilihat dari sisi Tematik, Skematik, Sintakis, Stikistik, dan Retorisnya. Dalam memposting tweetnya, akun Twitter @pedulijilbab menggunakan bahasa yang halus, ringan dan singkat namun tetap jelas sehingga mudah dimengerti oleh followersnya. Tema dan topik yang disampaikan juga tentang permasalahan wanita sepeti jilbab, busana muslim, aurat dan lain-lain. Dari segi kognisi sosial, tema-tema yang disampaikan membahas mengenai perintah berjilbab. karena penulis dan pemilik akun twitter @pedulijilbab merasa ingin membantu komunitas jilbab lain yang belum berjilbab sesuai syariat, juga kepada wanita muslim lainnya. Dari segi konteks sosial, budaya jilbab yang berdampak terhadap pergeseran esensi jilbab sesuai syariat. Jilbab modern dinilai kurang mengikuti syariat Islam dan nilai kesederhanaan dalam Islam. Dimana jilbab yang tadinya sebagai simbol relijius mengalami perubahan sebagai simbol modernitas. Memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan pengetahuan tentang Islam memang efektif dan efisien. Namun, tidak serta merta menjadikannya sumber satu-satunya, selalu melakukan pencarian data dari sumber lain. Baik dari majelis ta’lim atau yang lainnya, agar tetap silaturahmi selalu terjaga. Kata Kunci: Analisis Wacana, Jilbab, Twitter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 07:04
Last Modified: 11 Jul 2018 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3927

Actions (login required)

View Item View Item