PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMAS TAMANSISWA TELUK BETUNG

DAMSI, D (2018) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMAS TAMANSISWA TELUK BETUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI DAMSI.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kebiasaan belajar siswa merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran, berupa kebiasaan belajar di sekolah maupun di rumah. Kebiasaan belajar yang dilakukan oleh siswa berbedabeda. dengan kata lain, kebiasaan belajar merupakan cara-cara belajar yang dilakukan oleh siswa untuk memperoleh pengetahuan. Kebiasaan belajar berhubungan positif dengan hasil belajar siswa. Semakin baik kebiasaan belajar siswa maka akan semakin baik pula nilai hasil belajar siswa. Hasil belajar yang difokuskan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agam Islam adalah suatu usaha bimbingan dan asuhan terhadap anak didik memahami apa yang terkandung di dalam Islam secara keseluruhan, menghayati makna dan maksud serta tujuannya dan pada akhirnya dapat mengamalkannya serta menjadikan ajaran agama Islam sebagai pandangan dan pedoman dalam menjalankan hidupnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMAS Tamansiswa Teluk Betung yang berjumlah 105 dengan jumlah sampel 84 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan probability sampel dengan proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara tidak struktur, angket, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji prasyarat analisis. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas data, uji linieritas, uji analisis regresi sederhana, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data, diperoleh data thitung = 4,916 dengan signifikansi = 0,05 dan ttabel = 1,989. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4,916 > 1,989) dan signifikansinya 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. besarnya pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam sejumlah 22,8%. Hal ini dapat diartikan bahwa 22,8% hasil belajar Pendidikan Agama Islam dipengaruhi oleh kebiasaan belajar, sedangkan 77,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar kebiasaan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2018 06:45
Last Modified: 09 Jul 2018 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3896

Actions (login required)

View Item View Item