PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMP PIRI JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN

Paranti, Nikita Dian (2018) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMP PIRI JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI NIKITA.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada hakikatnya sangat terkait dengan bagaimana membangun interaksi antara guru dan siswa. Kurikulum menentukan keberhasilan pembelajaran. Kurikulum akan membimbing dan menghantarkan siswa dalam mencapai keberhasilan pembelajaran. Kurikulum dipedomani agar setiap yang dilakukan itu sesuai dengan langkah-langkah yang telah dirancang. Kurikulum 2013 merupakan upaya pemerintah untuk menaikan mutu pendidikan. Kurikulum 2013 sendiri mulai diterapkan pada tahun ajaran 2013-2014. SMP PIRI Jatiagung Lampung Selatan sendiri telah menerapkan kurikulum ini setelah pemerintah mengeluarkan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Kurikulum 2013 di SMP PIRI Jatiagung Lampung Selatan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian uji kebsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Isam dan Budi Pekerti di SMP PIRI Jatiagung Lampung Selatan sudah berjalan dengan cukup baik walupun tidak semuanya terlaksana dengan baik. Adanya pelatihan dalam penerapan kurikulum 2013 sendiri sangat membantu dalam penrapan kurikulum 2013 pada pembelajaran baik untuk pelajaran umum ataupun pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam pembelajaran terdapat perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Perencanaan pembelajaran sendiri yang dibuat sudah sesuai dengan kurikulum 2013 kemudian untuk pelaksanaan pembelajaran sendiri yang merupakan implementasi dari prencanaan pembelajaran yang telah dibuat sudah berjalan dengan baik walaupun terkadang tidak sesuai dengan perencanaan yang dibuat dan hal ini bergantung pada kreativitas guru. Kemudian untuk penilaian hasil belajar juga telah sesuai dengan kurikulum 2013 dimana SMP PIRI Jatiagung telah menggunakan penilaian autentik yaitu penilaian pengetahuan, sikap dan ketrampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Jul 2018 06:31
Last Modified: 09 Jul 2018 06:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3892

Actions (login required)

View Item View Item