PENGARUH DIMENSI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2015)

Yunitasari, Fitri (2018) PENGARUH DIMENSI ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2015). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu bentuk muamalat adalah tukar menukar barang, jasa atau sesuatu yang memberi manfaat dengan tata cara yang ditentukan. Dewasa ini perkembangan teknologi yang semakin canggih telah mempengaruhi gaya hidup masyarakat dengan adanya tren belanja online melalui internet. Teknologi internet juga dapat membentu perusahaan dalam memulai komunikasi interaktif dengan konsumen sehingga perusahaan dapat menciptakan electronic word of mouth (e- WOM) yang baik mengenai produk yang ditawarkan. Electronic Word of Mouth merupakan pernyataan positif atau negatif yang dibuat oleh konsumen aktual, potensial, atau konsumen sebelumnya mengenai produk atau perusahaan dimana informasi ini tersedia bagi orang-orang atau pun institusi melalui via media internet. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dimensi Electronic Word of Mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace dan bagaimana keputusan pembelian dalam perspektif Ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi Electronic Word of Mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace dan untuk mengetahui keputusan pembelian dalam perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Sampel pada penelitian ini berjumlah 90 responden yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan menggunakan teknik random sampling. Proses analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan alat pengolahan data SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa dimensi Intensitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchasing decision di marketplace, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (2,488 > 1,991). Dimensi Valensi Opini tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchasing decision di marketplace, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel (- 1,192 < 1,991). Dimensi Konten berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchasing decision di marketplace, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (6,362 > 1,991). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh hasil 0,379 atau 37,9%. Dengan ini, variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 37,9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Sedangkan dimensi Electronic Word of Mouth dalam perspektif Islam belum sepenuhnya sesuai dengan sifat Shiddiq, Istiqamah, Fathanah, Amanah, dan Tabligh yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw dalam berbisnis. Dalam bisnis modern, banyak cara-cara yang tidak terpuji yang dilakukan sebagian pebisnis dalam melakukan penawaran produknya yang dilarang dalam ajaran Islam, seperti penawaran dan pengakuan (testimoni) fiktif, iklan yang tidak sesuai, deskripsi gambar yang tidak sesuai dengan barang sebenarnya. Kata Kunci: Electronic Word of Mouth(e-WOM), Purchasing Decision, Marketplace.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2018 08:04
Last Modified: 06 Jul 2018 08:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3890

Actions (login required)

View Item View Item