IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) MITRA AGRO USAHA BANDAR LAMPUNG

Alkausar, A (2017) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) MITRA AGRO USAHA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bank Pengkreditan Rakyat Mitra Agro Usaha Bandar Lampung, yang berdiri pada tanggal 05 April 2010, yang awalnya berdiri atau beroperasional dengan prinsip atau sistem Konvensional. Setelah mendapat keputusan Bank Indonesia nomor 15/81/KEP.GBI/DpG/2013 tangaal 23 juli dan keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHA-11535.AH.01.02. Tahun 2013 tentang persetujuan perubahan anggaran. BPRS Mitra Agro Usaha mulai beroperasional system atau prinsip Syariah pada tanggal 02 september 2013. Nilai-nilai Islam merupakan seperangkat aturan corak khusus Agama Islam. Nilai akidah yang berkaitan dengan keimanan, Nilai Syariah merupakan Undang-undang Islam dan Nilai Akhlak merupakan tingkah laku yang menggambarkan keindahan. Dalam rangka berkembangnya keuangan Islam di dunia, tidak ketinggalan juga BPR Mitra Agro Usaha berkonversi menjadi BPRS Mitra Agro Usaha. Sehingga yang menjadi permasalahan adalah Bagaimana Implementasi Nilai-Nilai Islam dalam Manajemen Sumber Daya Manusia di BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi nilai-nilai islam dalam manajemen Sumber Daya Manusia di BPRS Mitra Agro Usaha. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dengan melakukan pendekatan ini penulis melakukan penelitian untuk menghasilkan data deskrifsi terkait Implementasi Nilai-Nilai Islam dalam Manajemen Sumber Daya Manusia di BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 17 orang pengurus. Dalam penentuan sampel menggunakan tekhnik Purposive Sampling dengan kriteria tertentu, sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 4 orang pengurus. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data interview/ wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil temuan penulis bahwa BPRS Mitra Agro Usaha Bandar Lampung sudah MengImplementasikan Nilai-Nilai Islam dalam melaksanakan Aktivitas Manajemen Sumber daya. Mulai dari proses Rekrumen (Nilai Akidah dan Syariah), Seleksi (Nilai Akidah, Syariah, Akhlak), Penempatan(Nilai Akidah, Syariah, Akhlak), Pemberhentian (Nilai Syaria), Pengembangan dan Pelatihan (Nilai Akidah, Akhlak), Kompensasi dan Balas jasa(Nilai Akidah Syariah dan Akhlak). Namun didalam Manajemen Sumber daya Manusia masih ada beberapa hal yang belum dilaksanakan. Oleh karenanya BPRS Mitra Agro Usaha selalu berbenah demi terwujudnya lembaga Islami yang bisa mengayomi serta mensejahterakan Nasabah/Masyarakat. Penulis memberikan sran, BPRS Mitra Agro Usaha untuk menetapkan standar kompetensi kelulusan tes baca tulis Al-Qur’an dan pemahaman keagmaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 17 Mar 2017 01:29
Last Modified: 17 Mar 2017 01:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item