UPAYA GURU MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR MELALUI GERAK MANIPULATIF DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Fransiska, Mella (2018) UPAYA GURU MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR MELALUI GERAK MANIPULATIF DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI MELA.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Guru memiliki tugas yang beragam yang berimpelemntasi dalam bentuk pengabdian salah satunya yaitu tugas guru sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar dan melatih, mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup dan kehidupan. Mengajar berarti mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sedang melatih berarti mengembangkan keterampilan-keterampilan pada manusia. Upaya guru dalam mengembangkan motorik kasar melalui gerak manipulatif adalah salah satu wujud dari tugas guru sebagai pendidikn yaitu melatih mengembangkan salah satu aspek keterampilan anak, yaitu aspek motorik kasar. Motorik kasar pada anak di indikasikan dengan cara melakukan gerakan fisik seperti melempar, menangkap, dan menendang dengan menggunakan objek yaitu bola medicin dan bola pelastik besar. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimanakah Upaya Guru Mengembangkan Motorik Kasar Melalui Gerak Manipulatif di TK Negeri Pembina Sukarame Bandar Lampung.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Guru Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Melalui Gerak Manipulatif di TK Negeri Pembina Sukarame Badar lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualittatif deskritptif dengan subjek peneltitan adalah 16 orang peserta didik dan 2 orang guru di kelas B3 TK Negeri Pembina Sukarame Bandar Lampung sedangkan objek penelitian ini yaitu mengembangkan motorik kasar melaui gerak manipulatif. Alat pengumpul data yang penulis gunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam mengembangkan motorik kasar melalui gerak manipulatif di TK Negeri Pembina Sukarame Bandar lampung, yaitu: Guru mepersiapkan media pembelajaran atau bahan ajar yang akan disampaikan atau dimainkan, guru mengajak anak melakukan latihan pendahuluan (Pemanasan), guru membagi anak menjadi dua kelompok dan menjelaskan kembali permainan dan aturan permainan yang akan dilakukan, guru mendemostrasikan latihan inti gerak manipulatif yang akan dilakukan, setelah bermain melakukan gerak manipulatif guru mengajak anak melakukan latihan penenangan (pendinginan) dan diakhiri dengan gerakan tarik nafas dengan hidung dan menghembuskannnya secara perlahan memalui mulut, guru melakukan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan. Kata Kunci : Motorik Kasar dan Gerak Manipulatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2018 07:49
Last Modified: 06 Jul 2018 07:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3888

Actions (login required)

View Item View Item