PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA MATERI CERITA RAKYAT UNTUK KELAS V SD/MI

Rahmawati, Sri (2018) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA MATERI CERITA RAKYAT UNTUK KELAS V SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (61MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum dikembangkannya Buku cerita bergambar berbasis pendekatan whole language pada materi cerita rakyat pelajaran Bahasa Indonesia. MIN 10 Bandar Lampung dan SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung hanya menggunakan buku paket dalam proses pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan bahan ajar buku cerita bergambar berbasis pendekatan whole language pada materi cerita rakyat. Bahan ajar dibuat untuk memudahkan dalam kegiatan belajar mengajar bagi pendidik dan peserta didik. Dengan adanya buku cerita bergambar peserta didik lebih tertarik dan termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian yang dilakukan oleh penulis, yaitu penelitian Reseacrh and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall yang dilakukan dengan tujuh tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain yaitu uji kelayakan yang terdiri dari tiga ahli bahasa, tiga ahli materi, tiga ahli media, dua pendidik, revisi desain produk, uji coba produk dan revisi produk. Buku cerita bergambar berbasis pendekatan whole language pada materi cerita rakyat memperoleh nilai rata-rata dari ahli bahasa sebesar 83,33% dikategorikan sangat layak, memperoleh nilai rata-rata dari ahli materi sebesar 90,08%% dikategorikan sangat layak, memperoleh nilai rata-rata dari ahli media sebesar 91,66% sangat layak dan penilaian pendidik sebesar 97,60% sangat layak. Penilaian yang diberikan oleh peserta didik pada tahap uji kelompok kecil, memperoleh nilai sebesar 96,91% yang dikategorikan sangat layak. Uji kelompok besar di MIN 10 bandar Lampung memperoleh nilai persentase 94,42% yang dikategorikan sangat layak dan uji coba kelompok besar di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung memperoleh nilai persentase 94,52%. Hal ini menunjukan buku cerita bergambar yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Bahan Ajar, Buku Cerita Bergambar, Cerita Rakyat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2018 07:43
Last Modified: 06 Jul 2018 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3886

Actions (login required)

View Item View Item