Arista, Mega (2018) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan dan prestasi yang dimiliki kepala madrasah dalam memimpin lembaga pendidikannya, berkenaan dengan hal ini peneliti melakukan penelitian terhadap gaya kepemimpinan kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, kepala TU, guru-guru beserta staf TU. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala madrasah dalam memimpin lembaga pendidikannya cenderung menggunakan gaya demokrasi. Hal ini terlihat dari cara kepala madrasah dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Dalam memecahkan masalah selalu dilaksanakan dengan bermusyawarah, selalu melibatkan bawahan (guru, staf dan siswa). Kepala madrasah selalu menerima masukan dan kritikan dengan senang. Terlihat komunikasi, yaitu adanya hubungan yang terjalin antara kepala madrasah dan bawahan secara harmonis. Kepala madrasah aktif berpartisipasi dalam kegiatan yang ada di madrasah dan memiliki sikap yang sopan, penyabar, islami dan rasa kekeluargaan yang tinggi. Kata kunci: kepala sekolah, gaya kepemimpinan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 06 Jul 2018 07:23 |
Last Modified: | 06 Jul 2018 07:23 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3885 |
Actions (login required)
View Item |