PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS KONTRUKTIVISME DIPADUKAN DENGAN VIDEO ANIMASI EDUKASI SISWA KELAS IV MIN 5 BANDAR LAMPUNG

Subekti, Een (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS KONTRUKTIVISME DIPADUKAN DENGAN VIDEO ANIMASI EDUKASI SISWA KELAS IV MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (63MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada diri peserta didik, baik yang menyangkut aspek kogntif, afektif, dan psikomotorik sebagai hasil kegiatan belajar. Permasalahan yang di hadapi di MIN 5 Bandar Lampung ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV B. Berdasarkan data prasurvey menunjukan bahwa dari 42 peserta didik yang mencapai KKM hanya 15 peserta didik (35,71%) dari KKM yang ditetapkan MIN 5 Bandar Lampung yaitu 75. Merupakan bukti bahwa pelajaran yang dilakukan belum terlaksana. Maka dari itu rumusan masalah yang diajukan adalah “ Apakah pembelajaran kooperatif berbasis konstruktivisme dipadukan video animasi edukasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B pada mata pelajaran IPA di MIN 5 Bandar Lampung?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif berbasis kontruktivisme dipadukan video animasi edukasi siswa kelas IV MIN 5 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dikelas IV B. Berjumlah 42 peserta didik, dengan menggunakan 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa hasil belajar mata pelajaran IPA pada Siklus I peserta didik yang tuntas berjumlah 19 (45,23%) dan yang tidak tuntas berjumlah 23 (54,77%). Pada Siklus II peserta didik yang tuntas menjadi 28 (66,67%) dan yang tidak tuntas 14 (33,33%), Siklus III yaitu peserta didik mengalami peningkatan menjadi 33 (78,58%) yang tuntas sedangkan yang tidak tuntas yaitu 9 (21,42%). Kesimpulannya menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif berbasis konstruktivisme dipadukan dengan video animasi edukasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA di MIN 5 Bandar Lampung. Kata Kunci : Kooperatif, Konstruktivisme, Video Animasi Edukasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2018 07:13
Last Modified: 06 Jul 2018 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3882

Actions (login required)

View Item View Item