EFEKTIVITAS IKLAN DENGAN METODE AIDCA ( Attention, Interest, Desire, Conviction, Action ) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM.

Nugraha, Rendy Aris (2018) EFEKTIVITAS IKLAN DENGAN METODE AIDCA ( Attention, Interest, Desire, Conviction, Action ) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PDF.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemasaran memang sangat diperlukan guna untuk menjual produk yang telah diproduksi, ialah dengan beberapa cara pemasaran baik itu secara manual atau melalui media Televisi atau media sosial laianya. Semakin banayak dilakukan pemasaran maka semakin banyak produk yang akan terjual tetapi dalam ilmu Ekonomi Islam pemasaran tidak serta merta bisa bebas dilakukan melainkan ada peraturan yang harus dipatuhi sebagai salah satu contoh terjaminya produk halal dan lain-lain. Pemasaran melalui AIDCA haruslah terkonsep dengan baik sehingga tidak merugikan pihak produsen, pemasaran harus bisa menyentuh dari segala aspek masyarakat yang membutuhkan produk tersebut dan yang lebih penting lagi agar masyarakat dapat mengetahui keunggulan produk yang dipasarkan dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan studi pustaka yang dimana nencari kebenaran dalam rangka ikalan AIDCA dipandang dari sudut ilmu Ekonomi Islam. Rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh metode iklan AIDCA terhadap minat beli konsumen dalam perspektif Ekonomi Islam dan Bagaimana pemasaran dengan model AIDCA ini dilihat dari perspektif ekonomi Islam. Diasumsikan penerapan iklan formula AIDCA yang diterapkan berpengaruh terhadap minat konsumen dalam membeli produk, penelitian ini dilakukan secara seksama dengan menggunakan pendekatan studi kepustakaan yang dimana dalam rangka untuk mendapatkan jawaban konsep iklan AIDCA dalam perspektif ekonomi Islam. Berdasarkan analisis yang telah didapat, Keberadaan globalisasi ekonomi dalam rangka mewujudkan perdagangan dunia yang bebas melahirkan era kompetisi dalam berbagai bidang usaha.Setiap perusahaan atau seorang pemasar memiliki konsep-konsep tersendiri dalam memasarkan sebuah produknya. Dalam ilmu komunikasi pemasaran dikenal konsep AIDCA sebagai acuan dalam membuat program campaign komunikasi, dan seringkali juga konsep AIDCA ini menjadi pondasi awal dalam membuat program-program pemasaran. Dalam realitas yang ada dilapangan atau lingkungan masyarakat pemasaran model ini juga sangat efektif dan dapat memberikan perubahan perilaku konsumen secara signifikan. Model AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction, Action) adalah salah satu model hirarki respon yang cukup popular bagi pemasar sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan pemasaran. Dengan adanya konsep ini Islam memandang bahwa iklan yang ada diperbolehkan asalkan mengenai produk mulai dari input proses dan output dapat memberikan kepercayaan kepada konsumen maka hal tersebut dikatakan sah dan tidak keluar dari koridor Sistem Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 06:29
Last Modified: 05 Jul 2018 06:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3862

Actions (login required)

View Item View Item