PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM (LCDS) POKOK BAHASAN POLA BILANGAN SMP

Ula, Iin Rahmatul (2018) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LEARNING CONTENT DEVELOPMENT SYSTEM (LCDS) POKOK BAHASAN POLA BILANGAN SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI IIN RAHMATUL ULA.pdf]
Preview
PDF
Download (11MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan suatu sarana berpikir untuk mengkaji sesuatu secara logis, kritis, rasional dan sistematis serta melatih kemampuan peserta didik agar terbiasa dalam memecahkan suatu masalah yang ada di sekitarnya. Namun pada kenyataannya menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, bahan ajar yang digunakan belum melatih peserta didik dalam melakukan suatu penemuan dan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa E-Modul Berbasis Learning Content Development System (LCDS) Pokok Bahasan Pola Bilangan. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model ADDIE. Fungsi dari model ADDIE adalah menjadi pedoman dalam membangun perangkat dan infrastruktur program pembelajaran yang efisien, dinamis dan mendukung kinerja pembelajaran itu sendiri. Model ini terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery, and Evaluation. Penilaian ahli materi terhadap e-modul ini termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,46 dari rata-rata skor tertinggi 4.00. Penilaian ahli media terhadap e-modul ini termasuk dalam kategori valid dengan niali rata-rata sebesar 3,66. Penilaian ahli bahasa terhadap media ini termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,6. Pada uji coba skala kecil yang diikuti oleh 10 peserta didik kelas VII memperoleh skor rata-rata yaitu 3,65 dari skor tertinggi dengan rata-rata 4.00 berdasarkan hasil dari angket respon yang telah diisi oleh peserta didik, hasil ini menempatkan e-modul pada kriteria sangat menarik. Pada uji coba lapangan skala besar yang diikuti oleh 30 peserta didik skor rata-rata kemenarikan yang diperoleh yaitu 3,55 pada kriteria sangat menarik. Kata Kunci : Pengembangan E-Modul, Learning Content Development System (LCDS), Pola Bilangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 07:27
Last Modified: 04 Jul 2018 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3854

Actions (login required)

View Item View Item