PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH ALJABAR LINEAR BERNUANSA NILAI-NILAI AGAMA ISLAM MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR (SPL)

Ratnasari, Nining (2018) PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH ALJABAR LINEAR BERNUANSA NILAI-NILAI AGAMA ISLAM MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR (SPL). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui kelayakan pengembangan modul mata kuliah aljabar linear bernuansa nilai-nilai agama Islam melalui pendekatan PBL pada materi SPL 2) Untuk mengetahui kemenarikan respon mahasiswa terhadap pengembangan modul mata kuliah aljabar linear bernuansa nilai-nilai agama Islam melalui pendekatan PBL pada materi SPL. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research & Development (R & D) dengan menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi yaitu 10 tahap, dengan dibatasi hanya sampai pada tahap ke-7. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar angket validasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket validasi untuk mengetahui kelayakan modul dan angket respon mahasiswa untuk mengetahui kemenarikan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan yaitu, deskriptif kuantitatif untuk mengolah data dalam bentuk skor dari penilaian oleh validator silabus dan validator (ahli materi, ahli bahasa, ahli media, serta ahli agama) dan respon mahasiswa, sedangkan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data berupa komentar saran perbaikan dari validator. Berdasarkan hasil validasi terhadap modul mata kuliah aljabar linear bernuansa nilai-nilai agama Islam melalui pendekatan PBL pada materi SPL diperoleh skor rata-rata validasi silabus dengan rata-rata presentase sebesar 80,00 % dengan kriteria “layak”, validasi ahli materi dan ahli bahasa dengan rata-rata presentase sebesar 86,15 % dengan kriteria “sangat layak” dan sebesar 87,62 % dengan kriteria “sangat layak”, validasi ahli media memperoleh skor rata-rata presentase sebesar 79,23 % dengan kriteria “layak”, serta hasil validasi ahli agama mendapatkan rata-rata presentase sebesar 92,50% dengan kriteria “sangat layak”. Respon mahasiswa terhadap modul mata kuliah aljabar linear bernuansa nilai-nilai agama Islam melalui pendekatan PBL pada materi SPL diperoleh skor rata-rata persentase pada uji coba kelompok kecil sebesar 77,50 % dengan kriteria “menarik” dan persentase pada uji coba lapangan sebesar 79,06 % dengan kriteria “menarik”. Dapat disimpulkan bahwa produk modul yang dihasilkan adalah layak dan menarik, sehingga dapat digunakan sebagai bahan di tingkat perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 06:56
Last Modified: 04 Jul 2018 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3846

Actions (login required)

View Item View Item