IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH

SARI, ANGGITA (2018) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DI MAN 1 LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perpustakaan sekolah harus dikelola dengan baik terutama dalam hal manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan agar siswa/siswi dapat merasakan kenyamanan dan kepuasan dari segi layanan maupun tempat. Dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahannya adalah 1) Bagaimana layanan peminjaman di perpustakaan MAN 1 Lampung Tengah? 2) Bagaimana layanan sirkulasi di perpustakaan MAN 1 Lampung Tengah? 3) Bagaimana layanan referensi di perpustakaan MAN 1 Lampung Tengah ?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana layanan peminjaman, layanan sirkulasi dan layanan referensi di perpustakaan MAN 1 Lampung Tengah. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif atau penelitian lapangan yang bertujuan untuk mengetahui gambaran secara sistematis , faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari taharapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ketahui bahwa dalam manajemen perpustakaan khususnya dari pelayanan meliputi 1) pelayanan peminjaman yang dilaksanakan di MAN 1 Lampung Tengah menerapkan sistem layanan terbuka, peminjaman buku menerapkan batas minimal dalam peminjaman. 2) layanan sirkulasi yang dilakukan di MAN 1 Lampung Tengah yaitu melayani siswa yang akan mengembalikan buku, melayani siswa dalam pembuatan kartu anggota, melayani siswa yang akan mengembalikan buku dan memberlakukan batas untuk lamanya peminjaman koleksi serta menarik denda untuk keterlambatan. Dalam layanan sirkulasi juga melayani pembuatan surat bebas perpustakaan dan membuat statistik jumlah buku yang dipinjam serta membuat statistik pengunjung perpustakaan. 3) layanan refernsi menerapkan pelayanan pemberian informasi dan bimbingan belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 06:52
Last Modified: 04 Jul 2018 06:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3845

Actions (login required)

View Item View Item