PENGGUNAAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTSN 1 BANDAR LAMPUNG

Yulia, Rahma (2018) PENGGUNAAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTSN 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full C.pdf]
Preview
PDF
Download (67MB) | Preview

Abstract

idikan Agama Islam pada tingkat Madrasah Tsanawiyah yang diterapkan untuk mengarahkan pemahaman dan penghayatan isi yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadits yang diharapkan dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam penerapannya, proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits lebih sering menitikberatkan pada pencapaian ranah kognitif dan psikomotorik saja. Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap. Kompetensi sikap dalam kurikulum 2013 dibagi menjadi dua, yakni sikap spiritual dan sikap sosial. Maka dalam pencapaian kompetensi sikap tersebut harus dinilai oleh guru secara berkesinambungan dengan menggunakan instrumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan instrumen penilaian afektif dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN 1 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis data menurut Miles and Huberman yakni, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa guru Al-Qur’an Hadits menggunakan banyak instrumen untuk menilai sikap siswa, yaitu lembar penilaian observasi, lembar penilaian diri, lembar penilaian antar teman, dan jurnal. Lembar penilaian observasi digunakan melalui pengamatan secara berkesinambungan terhadap siswa dalam proses pembelajaran atau selama aspek sikap yang ingin diamati ditampilkan oleh siswa. Lembar penilaian diri dan lembar penilaian antar teman digunakan tidak setiap proses pembelajaran, tetapi digunakan setelah proses penyampaian salah satu materi pembelajaran saja serta menggunakan skala sikap berupa likert dan guttman. Penggunaan catatan seketika (jurnal) hanya mencatat sikap negatif saja namun tetap diberikan tindak lanjut dari catatan tersebut dan menggunakan alat seadanya, misal sedang membawa kertas atau handphone. Kata Kunci : Instrumen Penilaian Afektif, Al-Qur’an Hadits

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 06:26
Last Modified: 04 Jul 2018 06:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3838

Actions (login required)

View Item View Item