PENINGKATKAN MUTU TENAGA PENDIDIK MELALUI MANAJEMEN STRATEGIS DI MADRASAH ALIYAH ROUDLOTUL HUDA PURWOSARI KECAMATAN PADANG RATU KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Hidayati, Sani (2018) PENINGKATKAN MUTU TENAGA PENDIDIK MELALUI MANAJEMEN STRATEGIS DI MADRASAH ALIYAH ROUDLOTUL HUDA PURWOSARI KECAMATAN PADANG RATU KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI SANI FIX.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Tenaga pendidik merupakan tombak utama dalam keberhasilan pencapaian tujuan madrasah dan menjadi agen terpenting dalam peningkatan mutu pendidikan. bahkan dapat dikatakan masa depan bangsa terletak pada keberadaan guru yang berkualitas. Dalam upaya peningkatan mutu tenaga pendidik perlu adanya manajemen strategis. Manajemen strategis yang dilakukan secara tepat dan benar dapat menghasilkan tenaga pendididk yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan mutu tenaga pendidik melalui manajemen strategis di Madrasah Aliyah Purwosari Lampung Tengah sehingga menjadikan acuan serta semangat bagi Madrasah Aliyah Purwosari Lampung Tengah dan madrasahmadrasah lain dalam menghasilkan tenaga pendidik yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, tenaga pendidik dan peserta didik untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat untuk kemudian di analisis untuk dapat ditarik sebuah kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan mutu tenaga pendidik melalui manajemen strategis di Madrasah Aliyah Purwosari Lampung Tengah masih belum terlaksana dengan baik. Karena dari analisis yang penulis dapat dalam penerimaan tenaga pendidik seluruhnya diserahakan kepada yayasan pondok pesantren dikarenakan madrasah berdiri dibawah naungan pondok pesantren Roudlotussolihin, sehingga kepala madrasah tidak mempuyai wewenang sepenuhnya dalam hal ini. dalam formulasi strategis juga belum tercapai karena ada beberapa tenaga pendidik yang belum memenuhi kualifikasi akademik sehingga dalam implementasinya ada beberapa tenaga pendidik yang mengajar tidak sesuai dengan bidang studinya, guru belum profesional dalam bidangnya, dan program peningaktan kompetensi tenaga pendidik belum memenuhi kebutuhan peserta didik. Untuk evaluasi dilakukan setiap bulan oleh kepala madrasah untuk menilai sejauh mana strategi mempengarui kinerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jul 2018 07:09
Last Modified: 03 Jul 2018 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3825

Actions (login required)

View Item View Item