STRATEGI PENDIDIKAN H.O.S COKROAMINOTO DALAM MENDIDIK GENERASI BERKARAKTER

Mustofa, Dani (2018) STRATEGI PENDIDIKAN H.O.S COKROAMINOTO DALAM MENDIDIK GENERASI BERKARAKTER. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (64MB) | Preview

Abstract

Saat ini tingkat pendidikan Indonesia masih rendah. Mayoritas penduduk Indonesia berpendidikan dibawah SMA. Laporan United Nations Development Programme (UNDP) pada 2014 menyebutkan, rata-rata lama sekolah penduduk Indonesia hanya 7,5 tahun. Saat ini berbagai upaya pemerintah dilakukan untuk mendongkrak tingkat pendidikan masyarakat Indonesia. Dalam upaya peningkatan kualias sumberdaya manusia, strategi pendidikan sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu diperlukan kajian tentang penerapan strategi pendidikan yang dilakukan oleh tokoh, dalam hal ini penulis mengkaji strategi pendidikan H.O.S tjokroaminoto dalam mendidik generasi berkarakter. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mendalami strategi pendidikan H.O.S Tjokroaminoto dalam mendidik generasi berkarakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian pustaka (library research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengkaji berbagai data terkait, baik yang berasal dari sumber data (primary sources), maupun sumber data pendudkung (secondary sources). Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik studi pustaka yaitu menggunakan sumber-sumber kepustakaan yang ada kaitanya dengan masalah pokok yang telah dirumuskan. Berdasarkan dengan jenis data dan tujuan yang akan dicapai, maka strategi analisis yang digunakan iyalah “analisis kualitatif”. Strategi ini dilakukan bahwa analisis bertolak dari data-data dan bermuara pada kesimpulan-kesimpulan umum. Adapun teknis analisis datanya dengan menggunakan teknik content analysis. Dalam mendidik generasi berkarakter, Tjokroaminoto banyak menggunakan strategi pendidikan diantaranya, pertama, tjokro menanamkan nilai-nilai Religi yang bersumber dari ajaran Islam. Kedua, Tjokro menerapkan kedisiplinan yang kuat kepada murid-muridnya melalui peraturan yang Ia terapkan di rumah kostnya. Ketiga, menanamkan kesadaran kebangsaan dan nasionalisme melalui penyadaran terhadap permasalahan yang di hadapi bangsa. Keempat, mendidik dengan metode diskusi. Kelima, menerapkan pendidikan terpadu,dengan tidak memisahkan ilmu dunia dan ilmu agama. Keenam, penanaman nilai estetis dengan pendidikan seni dan budayaan. Ketuju, pendidikan berbasis keteladanan. Kedelapan, penanaman nilai-nilai sosialisme yang berkaitan dengan hubungan antar manusia. Kata kunci: Strategi H.O.S Tjokroaminoto, Pendidikan Berkarakter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jul 2018 06:57
Last Modified: 03 Jul 2018 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3822

Actions (login required)

View Item View Item