PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI MAKANAN DAN MINUMAN YANG HALAL DAN HARAM DI KELAS VIII MTs DARUR RIDHO HANURA

Oktavia, Mia (2018) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI MAKANAN DAN MINUMAN YANG HALAL DAN HARAM DI KELAS VIII MTs DARUR RIDHO HANURA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (64MB) | Preview

Abstract

Modul adalah salah satu bahan ajar mandiri yang dapat digunakan oleh peserta didik untuk memahami materi pelajaran. Belum adanya bahan ajar mandiri yang digunakan oleh peserta didik di MTs Darur Ridho Hanura kelas VIII menjadikan peserta didik kurang maksimal dalam memahami materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul berbasis inkuiri terbimbing pada mata pelajaran fiqih kelas VIII, mengetahui kelayakan modul, serta mengetahui respon siswa dan guru terhadap modul yang dikembangkan. Materi yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah makanan dan minuman yang halal dan haram. Metode dalam penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Ada 7 tahap dalam pengembangan ini yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk dan revisi produk. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli teknologi pembelajaran dan ahli bahasa untuk mengetahui kelayakan produk. Serta angket yang diberikan kepada guru dan siswa untuk mengetahui kemenarikan produk yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari ahli materi, ahli teknologi pembelajaran dan ahli bahasa dinyatakan bahwa modul yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dan menurut analisis data yang diperoleh dari siswa dan guru dinyatakan bahwa modul yang dikembangkan sangat menarik. Hal ini berarti modul yang dikembangkan oleh peneliti dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa/I dan guru MTs kelas VIII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jul 2018 07:34
Last Modified: 02 Jul 2018 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3814

Actions (login required)

View Item View Item