EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TAHFIDZ DAN TAKRIR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN MAHASANTRI PUTRI DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Tania, Siti (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TAHFIDZ DAN TAKRIR DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN MAHASANTRI PUTRI DI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI TANIA.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu perbuatan ynag sangat mulia dan terpuji, dalam menghafal Al-Qur’an diperlukan metode-metode khusus untuk memudahkan dalam proses menghafalnya. Diantara metode-metode itu ialah metode tahfidz dan takrir, metode Tahfidz yaitu menghafal materi baru yang belum pernah dihafal dan metode takrir yaitu mengulang hafalan yang sudah diperdengarkan kepada musyrifah atau guru tahfidz. Hal ini digunakan untuk menjaga hafalan agar tetap melekat dalam pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan penerapan metode tahfidz dan takrir dalam menghafal Al-Qur’an pada mahasantri di Ma’had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di Ma’had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung. Data dan sumber data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling dan snowball sampling. Metode pengumpulan data menggunakan empat metode, yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Dari data yang diperoleh serta terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bertitik tolak dari pendekatan fenomenologi. Berdasarkan deskripsi dan penyajian data melalui hasil tes dan wawancara, pelaksanaan metode tahfidz implementasinya yaitu sebelum memulai menghafal Al-Qur’an maka terlebih dulu mahasantri harus membaca mushaf Al-Qur’an dengan melihat (binnadhor), sebelum mendengar hafalan yang baru, terlebih dulu menghafal Al-Qur’an dengan menghafal sendiri materi yang akan disimakkan di hadapan guru. Sedangkan takrir implementasinya yaitu pengulangan hafalan yang sudah di hafal memerlukan waktu tidak sedikit, meski bila dilakukan tidak sulit seperti menghafal materi baru. Pada waktu bertakrir kepada guru, materi yang di simak itu harus seimbang denagn hafalan yang telah dikuasai. Bedasarkan analisis data dapat dijelaskan bahwa pelaksanaan metode tahfidz dan takrir dalam menghafal Al-Qur’an mahasantri putri di Ma’had al-Jami’ah UIN Raden Intan Lampung sudah efektif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil tes menghafal Al-Qur’an yang dilaksanannkan oleh 20 mahasantri putri dapat menghafal Al-Qur’an 5 juz (Qs. Al-Baqarah, Qs.Ali ‘Imran, Qs.An-Nisa Juz ‘Amma) dengan perolehan skor 82 % yang apabila dikategorikan termasuk pada kategori efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jul 2018 07:01
Last Modified: 02 Jul 2018 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3811

Actions (login required)

View Item View Item