PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK, NISBAH BAGI HASIL DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA DI BTM Bina Masyarakat Utama Way Dadi Bandar Lampung (studi pada Anggota Simpanan Wadi’ah Personal)

SAPUTRI, MELI (2018) PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK, NISBAH BAGI HASIL DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA DI BTM Bina Masyarakat Utama Way Dadi Bandar Lampung (studi pada Anggota Simpanan Wadi’ah Personal). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi lengkap PDF.pdf]
Preview
PDF
Download (18MB) | Preview

Abstract

Informasi mengenai produk tabungan, dan nisbah bagi hasil maupun kualitas pelayanan yang diterapkan sangat penting bagi calon anggota. Calon anggota yang mengetahui jasa maupun produk dari lambaga keuangan tersebut akan merasa diuntungkan dan cendrung untuk menggunakannya. Namun apabila tidak puas, maka mereka akan beralilh menggunakan produk dan jasa dari lembaga keuangan lainnya. Oleh karena itu sebelum calon anggota menggunakan produk tersebut, maka diperlukan sebuah informasi agar nantinya tidak ada pihakpihak yang merasa dirugikan maupun merugikan. Pemahan yang rendah calon nasabah diakibatkan kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak BTM itu sendiri. Namun meski demikian anggota tabungan siwadu personal terbilang cukup banyak. Dalam akadnya sendiri BTM Bina Masyarakat Utama menggunakann sistem nisbah bagi hasil sedangkan untuk produk si Wadu Fitri menggunakann nisbah bagi hasil yang dalam periode akhir dikonversikan menjadi parcel/bingkisan. Anggota BTM sendiri tidak mengetahui adanya nisbah yang diterapkan. Sama halnya dengan pelayanan yang diterapkan, karena kebanyakan anggota tidak pernah berkunjung kekantor pusat yan berada dikelurahan Waydadi tersebut, sehingga mereka tidak pernah merasakan kualitas pelayanan yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk, nisbah bagi hasil dan pelayanan terhadap keputusan menabung anggota pada BTM Bina Masyarakat Utama Waydadi. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang menjadi nasabah produk siwadu personal. Data yang dikumpulkan menggunakan kuisioner dengan skala likert. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, data diolah dengan bantuan software SPSS.17. Tahap pertama dengan menguji kevaliditasan data dan reliabilitas kuesioner. Tahap selanjutnya dianalisis dengn regresi berganda melalui uji statistik, Uji F, Uji T, dan Uji Asumsi Klasik dengan tingkat signifikasi 0,05 atau α = 5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1)variabel pengetahuan produk berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan menjadi anggota di BTM Bina Masyarakat Utama, (2)variabel nisbah bagi hasil berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan menjadi anggota di BTM Bina Masyarakat Utama, (3 variabel pelayanan positif dan siginifikan terhadap keputusan menjadi anggota di BTM Bina Masyarakat Utama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jul 2018 06:27
Last Modified: 02 Jul 2018 06:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3803

Actions (login required)

View Item View Item