PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 1 BUKIT KEMUNING LAMPUNG UTARA

YUNIARTI, AYU ELMA (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 1 BUKIT KEMUNING LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (71MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah terlihat berdasarkan rendahnya pemahaman pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 bukit kemuning merupakan indikasi bahwa pembelajaran yang di lakukan belum terlaksana dengan baik, salah satu penyebabnya yaitu saat pendidik memberikan tugas belum mengerjakan tugas tersebut, maka penulis dalam penelitian ini menerapkan strategi crossword puzzle dalam meningkatkan pemahaman belajar peserta didik Penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan strategi Crossword Puzzle dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VII C SMP Negeri 1 Bukit kemuning kabupaten lampung utara dengan materi yaitu abu bakar as-siddiq bijaksana & tegas serta umar bin khattab tegas & pemberani dan usman bin affan baik hati & dermawan serta ali bin abi talib cerdas dan sabar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dimana objek penelitian hanya berpusat pada proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Crossword Puzzle pada kelas VII C di SMP Negeri 1 Bukit Kemuning dengan menggunakan metode observasi, interview (wawancara), dokumentasi, dan tes untuk mendapat kan data-data berupa dokumen. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dimana penulis menggambarkan gejala-gejala yang terjadi pada objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningakatan pemahaman pesera didik, pada pra survey pemahaman peserta didik 21,87%, pada siklus I mengalami peningkatan sebanyak 25% sehingga meningkat menjadi 46,87%, pada siklus II mengalami peningkatan 43,75% sehingga meningkat menjadi 90,62%, dari sini terbukti bahwa penerapan strategi Crossword Puzzle dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. Peneliti merekomendasikan hasil penelitian ini kepada peserta didik karena strategi Crossword Puzzle dapat meningkatkan pemahaman peserta didik. bagi dewan guru SMP Negeri 1 Bukit Kemuning, membantu guru dalam proses belajar mengajar, karena strategi ini membuat aktivitas peserta didik meningkat, oleh karena itu peneliti berharap strategi ini juga diterapkan oleh guru seluruh bidang pelajaran. Dan bagi lembaga sekolah dengan penerapan strategi ini, di harapkan dapat menjadi acuan untuk lembaga dalam upaya mengambangkan proses pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman peserta didik SMP Negeri 1 Bukit Kemuning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jul 2018 06:24
Last Modified: 02 Jul 2018 06:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3802

Actions (login required)

View Item View Item