MANAJEMEN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 30 BANDAR LAMPUNG

Hamidan, M. Ridho (2018) MANAJEMEN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 30 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of pdf skripsi] PDF
Download (1MB)

Abstract

Manajemen kelas merupakan peran penting dalam kompetensi guru. Keberadaannya cukup berpengaruh dalam pendidikan, peserta didik bukan lagi subyek yang harus selalu aktif, sedangkan guru bukan lagi sebagai pusat pembelajaran melainkan bertindak sebagai fasilitator dan manajer kelas serta bertanggung jawab pada pelaksanaan proses pembelajaran yang kondusif. Hasil prasurvey di SMPN 30 Bnadar Lampung bahwa ada beberapa indikator yang tidak dilaksanakan,yaitu: pengaturan minat/perhatian, pengaturan gairah belajar, dan penempatan peserta didik. Dengan demikian rumusan masalah yang penulis kemukakan adalah bagaimana manajemen kelas dalam proses pembelajaran PAI di SMPN 30 Bandar Lampung dan untuk mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan manajemen kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang menghasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang berprilaku yang diamati. Dengan mengambil latar belakang SMPN 30 Bandar Lampung adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi, yang berhubungan dengan objek yang diteliti. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan pada guru yang mana pentingnya manajemen kelas dalam proses pembelajaran sehingga tercapai tujuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Manajemen kelas dalam proses pembelajaran PAI di SMPN 30 Bandar Lampung adalah: a) pengaturan peserta didik b) pengaturan fasilitas. 2. Faktor Penghambat Manajemen kelas dalam proses pembelajaran PAI di SMPN 30 Bandar Lampung adalah a) faktor siswa kurang sadarnya dalam memenuhi tugas dan haknya sebagai anggota kelas dan pelanggaran tata tertib sekolah, b) faktor fasilitas yaitu kurangnya alat media, seperti LCD, buku dan alat peraga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jul 2018 06:15
Last Modified: 02 Jul 2018 06:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3799

Actions (login required)

View Item View Item