MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH (MA) HASANUDDIN KUPANG TEBA TELUK BETUNG UTARA BANDAR LAMPUNG

SUSANTI, SITI (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH ALIYAH (MA) HASANUDDIN KUPANG TEBA TELUK BETUNG UTARA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (67MB) | Preview

Abstract

Manajemen pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk perencanaan pembelajaran, pelaksanaan Pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Setiap tenaga pendidik atau guru di Madrasah Aliyah (MA) Hasanuddin Teluk Betung selalu diwajibkan membuat perangkat pembelajaran, guna untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah (MA) Hasanuddin Teluk Betung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penilitian di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian manajemen pembelajaran di Madrasah Aliyah (MA) Hasanuddin Teluk Betung dengan beberapa tahap, yaitu: 1) perencanaan pembelajaran: di Madrasah Aliyah (MA) Hasanuddin Teluk Betung dalam proses perencanaan pembelajaran Bahasa Inggris guru sudah melaksanakan nya dengan baik, sesuai dengan teori indikator yang peneliti gunakan. 2) pelaksanaan pembelajaran: di dalam pelaksanaan pembelajaran ada tiga kegiatan yaitu, kegiatan pendahulu, inti dan penutup. Sementara itu dalam kegiatan pendahuluan, inti dan penutup guru pelajaran Bahasa Inggris sudah melaksanakannya dengan baik, sesuai dengan indikator yang peniliti gunakan sebagai acuan. 3) evaluasi pembelajaran: dalam evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah (MA) Hasanuddin Teluk Betung sudah terlaksana dengan baik, sudah sesuai dengan indikator yang peneliti gunakan. Kesimpulan penelitian ini, manajemen pembelajaran dilaksanakan dengan tahapan: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dan dalam kegiatan-kegiatan tersebut, manajemen pembelajaran bahasa inggris di Madrasah Aliyah (MA) Hasanuddin Teluk Betung sudah melaksanakannya dengan baik, sesuai dengan teori indikator yang peneliti gunakan. Sehingga proses belajar mengajar pun berjalan secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jun 2018 06:53
Last Modified: 29 Jun 2018 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3795

Actions (login required)

View Item View Item