PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V DI MIN 9 BANDAR LAMPUNG

Zulaiha, Eha (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V DI MIN 9 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini masih rendahnya tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi-materi PKn, rendahnya partisipasi peserta didik pasif baik dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Cooperative Learning Tipe student facilitator and explaining terhadap hasil belajar Pkn di MIN 9 Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan di MIN 9 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Model penelitian adalah Quasi Eksperimen dan peneliti memilih desain penelitian bentuk Quasy Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 95 siswa. Pengambilan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan teknik Simpel Random Sampling (acakkelas). Kelas VB sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan kelas VA sebagai kelas control menggunakan model pembelajaran Mind Mapping.Metode teknik pengumpulan data yaitu metode tes, metode angket. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan pada ranah kognitif thitung memperoleh nilai 19,644 dan ttabel adalah 1,670 sehingga hasilnya thitung > ttabel (19,644 > 1,670). Pada ranah afektif thitung memperoleh nilai 13,80dan ttabel adalah 1,670 sehingga hasilnya thitung > ttabel (13,80 > 1,670). Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh yang signifikan antara Model Pembelajaran Cooperative Tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN Kelas V MIN 9 Bandar Lampung, Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 29 Jun 2018 03:22
Last Modified: 29 Jun 2018 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3790

Actions (login required)

View Item View Item