PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

Fahrudin, F (2018) PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa jarang menjadi perhatian guru sehingga secara umum mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Inovasi pembelajaran diperlukan untuk mendukung perkembangan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pembelajaran problem solving menekankan siswa untuk menemukan sendiri alternatif sebuah permasalahan dan siswa dibiasakan untuk membangun pemahamannya sendiri. Dalam penelitian ini, penulis memodifikasi pembelajaran sehingga dapat menjembatani siswa dalam menguasai materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran problem solving modifikasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 bandar Lampung. Pemilihan sampel dilakukan dengan Teknik cluster random sampling, terpilih siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran problem solving modifikasi dan siswa kelas VII D sebagai kelas control yang memperoleh pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini menggunakan bentuk Quasi Experimental Research. Desain ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak berfungsi sepenuhnya mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Hasil olah data menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0.54265, sedangkan rata-rata peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol sebesar 0.43442. Selanjutnya hasil analisis dan pengolahan data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa dan dengan demikian maka ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran problem solving modifikasi lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 28 Jun 2018 08:25
Last Modified: 28 Jun 2018 08:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3788

Actions (login required)

View Item View Item