IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA PEMBELAJARAN DI SMPN 24 BANDAR LAMPUNG

Rahma, A. Mutiari (2018) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA PEMBELAJARAN DI SMPN 24 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (69MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pelaksanaan manajemen sarana pembelajaran di SMP negeri 24 bandar lampung. Melihat fakta di lapangan menunjukkan bahwa dalam proses manajemen sarana pembelajaran sudah berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, namun ada beberapa kelemahan seperti kurangnya perawatan sarana komputer dan ketersediaan sarana penunjang lainnya sehingga hal ini berdampak pada terhambatnya proses pembelajaran. Apakah impelementasi manajemen sarana sudah berjalan dengan baik? Hal ini mendasari adanya penelitian ini untuk mengetahui dan menjawab “implementasi manajemen sarana pembelajaran di SMPN 24 Bandar Lampung” Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini bersifat lapangan, untuk mengumpulkan data yang diperlukan menggunakan metode observasi sebagai metode pokok, dan dilengkapi dengan metode interview, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data penulis menggunakan triangulasi. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Impelemtasi manajemen sarana pembelajaran di SMP negeri 24 Bandar Lampung. Hasil penelitian dan pembahasan dari penelitian ini diperoleh data implementasi manajemen sarana pembelajaran baik dari kepala sekolah, waka sarana dan prasarana, kepala TU, dan guru pelajaran. Penelitian ini membahas proses manajemen sarana pembelajaran mulai dari perencanaan, pengadaan, penggunaan, perawatan, penghapusan dan inventarisasi. Kesimpulan dari penelitin ini adalah kepala sekolah dan waka sarana sudah melaksanakan implementasi manajemen sarana pembelajaran sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya, dengan dibentuknya TIM khusus guna merencanakan anggaran sarana dan pengadaan sarana sesuai dengan kebutuhan sekolah, selain itu kepala TU dan staff juga telah melakukan proses inventarisasi /pencatatan administrasi terhadap sarana yang ada di sekolah, namun ada beberapa kelemahan yang harus dievaluasi, seperti meningkatkan koordinasi antar pimpinan agar dapat meningkatkan pengawasan dan perawatan sarana pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 26 Jun 2018 02:33
Last Modified: 26 Jun 2018 02:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3772

Actions (login required)

View Item View Item