KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

WULANDARI, RESSA PRATIWI (2018) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah diartikan sebagai model atau gaya kepemimpinan kepala madrasah yang sesuai dengan situasi dalam rangka mempengaruhi, mengarahkan, membimbing kepada bawahan dengan cara memperkuat keyakinan, dukungan, dorongan dan orang yang mengarah kepada pencapaian tujuan. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandar Lampung menggunakan gaya kepemimpinan demokratis. Namun demikian, dalam pelaksanaannya masih belum terlaksana dengan baik. Ternyata permasalahannya yang ada yaitu kepemimpinan kepala madrasah dalam menumbuhkan dan memelihara iklim kerja yang kondusif bagi bawahan belum terlaksana. Sehubungan dengan hal tersebut maka penulis mengangkat judul dalam skripsi ini melalui penelitian deduktif untuk memaparkan pelaksanaan kepemimpinan kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandar Lampung. Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Kepemimpinan Kepala madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang di peroleh selama penelitian di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandar Lampung masih belum terlaksana dengan baik. Kepala madrasah mementuk tim strategi dalam penyusunan rencana strategi madrasah dalam mencapai sasaran organisasi, kepala madrasah menggunakan pendekatan kekeluargaan dan demokratis dalam menjalankan kepemimpinan, kepala madrasah berusaha penepatan kepentingan organisasi diatas kepentingan individu sesuai dengan jam kerja, kepala madrasah mengakui bawahan sebagai individu yang mempunyai jati diri yang khas dengan mengadakan pelatihan dan pendidikan, kepala madrasah terbuka dan menerima ide dan saran bawahan, kepala madrasah objektif dalam menilai perilaku dan prestasi kerja bawahan berdasarkan kinerja, dan kepala madrasah dalam menumbuhkan dan memelihara iklim kerja yang kondusif bagi bawahan belum terlaksana berkaitan dengan perasaan bawahan mengenai pelaksanaan tugas organisasi yang diemban dengan rasa tanggung jawab atas hasil yang dicapai, karena mereka terlibat di dalam proses yang sedang berjalan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 26 Jun 2018 01:42
Last Modified: 26 Jun 2018 01:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3770

Actions (login required)

View Item View Item