PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS (CRITICAL THINKING) SISWA SMP

Sumiyati, Wiwin (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS (CRITICAL THINKING) SISWA SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (10MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di sekolah SMP Negeri 21 Bandar Lampung, bahwa media pembelajaran yang digunakan hanya papan tulis, dan alat tulisnya serta buku sebagai sumber utama mengajar. Hasil nilai ulangan harian siswa masih banyak yang dibawah KKM sebesar 64,03% siswa, guru masih kesulitan dalam mengembangkan kemampuan berpikir kitis siswa, dan guru juga belum mengkaitkan pembelajaran dengan kebudayan lokal, seperti kebudayaan rumah adat Lampung. Misalnya mengkaitkan pembelajaran geometri bangun datar dengan rumah adat lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran geometri berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematis (Critical Thinking) siswa SMP Negeri 21 Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan posttest-only design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 21 Bandar Lampung, dengan kelas VII B sebagai kelas ekperimen dan VII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, wawancara dokumentasi dan observasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda soal, uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan media pembelajaran geometri berbasis etnomatematika dan siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari hasil uji t. Rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 86,57 dengan varians sebesar 77,57 sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 77,33 dengan varians 133,50, didapat thitung sebesar 3,138, dengan ttabel sebesar 2,011. Berdasarkan uji hipotesis bahwa thitung > ttabel dengan taraf siginifikan α = 0,05 maka H0 ditolak. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Media Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 25 Jun 2018 06:36
Last Modified: 25 Jun 2018 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3764

Actions (login required)

View Item View Item